Lembur Tetap Profesional

Career / 2 January 2009

Kalangan Sendiri

Lembur Tetap Profesional

agnes.faith Official Writer
6430

Banyak orang menganggap bahwa kerja lembur diidentikkan dengan karyawan yang loyal dan rajin. Karena bersedia bekerja diluar batas jam kantor. Sebenarnya ada alasan lain, mengapa orang lembur adalah untuk melanjutkan pekerjaan yang tidak selesai di siang hari, apalagi sudah deadline. Atau saat beban kerja lebih banyak daripada biasanya. Biasanya banyak karyawan yang terpaksa lembur untuk menyelesaikan atau mengurangi beban kerja yang banyak.

Menurut ahli karir, orang yang sering lembur memiliki manajemen yang cukup buruk terhadap kinerjanya. Sehingga ia tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya secara ontime. Jadi lembur harus dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda di siang hari.

Pada sebagian karyawan memilih bekerja lembur karena lebih konsentrasi dan produktif bila bekerja di malam hari. Mereka lebih senang lembur karena suasananya yang lebih sunyi dan tenang dibanding jam kantor biasa. Kondisi ini memungkinkan karyawan untuk lebih berkonsentrasi. Hingga mereka lebih senang bekerja malam hari daripada siang hari.

Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa mereka yang lembur juga memiliki alasan keuangan, seperti menambah pendapatan. Karena selama ini perusahaan memiliki kebijaksanaan membayar uang lembur pada karyawannya yang bekerja di luar jam kantor. Sebagian lagi memilih lembur untuk 'mengambil hati' atasan. Dengan sering lembur, mereka berharap akan mendapat simpati atasan dan siapa tahu disodori promosi jabatan.

Ada juga yang memiliki alasan lain, memilih bekerja lembur untuk menghindari masalah pribadi di rumah. Sehingga mereka sengaja berlama-lama di kantor karena tidak ingin cepat sampai di rumah. Yang mereka khawatir, semakin cepat sampai di rumah maka semakin cepat juga menemukan masalah baru dirumah.

Cobalah anda identifikasikan alasan lembur, komunikasikan pada lingkungan agar tidak terjadi prasangka negatif. Apapun alasan yang memicu untuk bekerja lembur, anda harus bisa bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Selama perusahaan tidak mempermasalahkan kegiatan lembur, anda pun menikmatinya maka lanjutkan saja cara kerja itu.

Intinya adalah anda harus bisa menghasilkan sesuatu yang baik untuk perusahaan dan diri anda sendiri. Tapi anda juga harus menjaga stamina anda agar kinerja anda tetap stabil.

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami