Aman Gunakan Kartu Debit

Investment / 26 December 2008

Kalangan Sendiri

Aman Gunakan Kartu Debit

Lestari99 Official Writer
2945

Kepraktisan adalah salah satu alasan kita menggunakan kartu debit. Namun sebaiknya Anda mencermati dengan baik risiko penggunaan kartu debit dan cara untuk melindungi diri Anda dari risiko tersebut.

Berikut tip untuk Anda:

Hilang PIN, hilang uang

Untuk kartu debit dengan PIN, sisi pengamanannya adalah pada PIN. Jika suatu saat kartu Anda dicuri beserta informasi PIN-nya, maka bisa dipastikan uang Anda juga bakal amblas. Maka jangan sekali-sekali menuliskan nomor pin pada kartu debit, cukup Anda ingat saja.

Cek saldo tabungan di Bank

Tidak seperti kartu kredit, pemalsuan kartu debit lebih mudah karena bank Anda tidak mengawasi setiap transaksi yang keluar dari rekening tabungan Anda. Karena itu lakukan pengecekan saldo tabungan secara teratur dalam sebulan untuk mengetahui detail transaksi Anda setiap harinya. Manfaatkan fasilitas e-banking untuk proses yang lebih cepat dan mudah.

Tahu kapan saat yang tepat

Ada saatnya Anda lebih baik menggunakan kartu kredit ketimbang kartu debit seperti transaksi belanja online atau membayar sewa hotel.  Biasanya, pihak merchant memberikan jaminan jika barang diterima rusak (bagi pengguna kartu kredit tertentu) atau pembatalan transaksi. Sedangkan layanan ini tidak ada untuk kartu debit.

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami