Obama Mengundang Rick Warren Berdoa Pelantikan

Internasional / 20 December 2008

Kalangan Sendiri

Obama Mengundang Rick Warren Berdoa Pelantikan

Tammy Official Writer
5773
Presiden terpilih Barack Obama telah mengundang pastor evangelikal Rick Warren untuk membawakan doa saat pelantikannya di bulan Januari, menimbulkan keluhan-keluhan tidak puas dari basis hak-hak kaum gay pada Warren yang mendukung amandemen anti pernikahan gay, Proposition 8, di California.

Obama mempertahankan pilihannya dengan mengatakan bahwa pelantikannya akan melibatkan "banyak pandangan," menurut CNN.

"Dan begitulah seharusnya, karena itulah tentang Amerika," ujar Obama sebagai respon untuk pertanyaan hal ini ketika konferensi dua pemimpin yang memiliki pandangan berbeda akan isu-isu sosial. "Itulah bagian dari keajaiban negara ini bahwa kita berbeda-beda dan ramai dan berpendirian keras."

Seperti diketahui Warren terbuka mengenai dukungannya akan Proposition 8, yang menggulingkan hukum California yang mengijinkan pernikahan sesama jenis.

Rick Warren"Selama lebih dari 5000 tahun, setiap budaza dan setiap agama - tidak hanya kekristenan - telah mendefinisikan pernikahan sebagai kontrak antara pria dan wanita," Warren menulis dalam sebuah newsletter kepada jemaatnya. "Tidak ada alasan untuk mengubah definisi universal dan sejarah dari pernikahan untuk menenangkan 2 persen dari populasi kita."

Presiden terpilih Obama dan wakil presiden terpilih Joe Biden, bagaimanapun, mendukung Pengadilan Tinggi California yang memutuskan untuk melegalkan pernikahan sesama jenis. Keduanya menyatakan bahwa mereka menentang pernikahan sesama jenis, tetapi mereka juga menentang pelarangan konstitusi atas praktik tersebut.

Daripada mendukung pernikahan homoseksual, mereka keduanya mendukung persatuan-persatuan sipil homoseksual.

"Saya rasa bukanlah rahasia lagi jika saya adalah pengacara tak mengenal belas kasihan untuk kesamaan hak bagi gay dan lesbian Amerika," ujar Obama mempertahankan dukungannya bagi hak-hak gay setelah memilih Warren untuk bergabung dalam pelantikan. "Itu adalah sesuatu yang konsisten saya lakukan, dan saya akan melanjutkan konsistensi saya selama masa presidensi saya."

Tetapi presiden kelompok hak kaum liberal People for the American Way Kathryn Kolbert mengatakan ia "sangatlah kecewa" bahwa Obama telah memberikan Warren platform paling berkuasa selama pelantikan.

"Tidak ada perbedaan besar antara Rick Warren dan James Dobson," ujar Kolbert kepada CNN. Satu-satunya perbedaan adalah nada penyampaian. Penyampaiannya lebih moderat, tetapi ide-idenya radikal."

Pastor evangelikal Rick Warren juga merespon akan kritik-kritik yang mengatakan bahwa dia seorang fobia homo, berargumen bahwa itu adalah tuduhan tidak berdasar karena ia memiliki banyak teman gay, makan malam di rumah-rumah gay, dan gerejanya Saddleback telah melakukan lebih banyak bagi orang-orang yang terkena AIDS dibandingkan gereja lain dimanapun di dunia ini.

"Kay dan saya telah mengeluarkan banyak dolar dari Purpose Driven Life menolong orang yang terkena AIDS akibat hubungan gay," ujar Warren. "Jadi mereka tidak bisa menuduh saya homofobia, saya hanya tidak percaya pendefinisian kembali dari pernikahan."

Warren juga menyatakan tanpa ragu-ragu bahwa perceraian adalah masalah lebih besar bagi keluarga-keluarga Amerika dibandingkan pernikahan gay.

Sumber : christianpost.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami