7 Kualitas Hati Hamba
Sumber: CBN

Kata Alkitab / 28 May 2023

Kalangan Sendiri

7 Kualitas Hati Hamba

Lestari99 Official Writer
20032

Sebuah gereja memerlukan orang-orang yang memiliki hati hamba, karena hal tersebut sesuai dengan apa yang Tuhan ajarkan kepada gereja. Kita harus memiliki hati hamba, karena Yesus juga telah merendahkan diri-Nya dan menjadi hamba bagi semua orang.

Kejadian 24:16, Anak gadis itu sangat cantik parasnya, seorang perawan, belum pernah bersetubuh dengan laki-laki; ia turun ke mata air itu dan mengisi buyungnya, lalu kembali naik.

Alkitab katakan bahwa Ribka adalah gadis yang sangat cantik. Jadi Ribka adalah gadis yang sangat menarik, penampilannya mempesona. Kalau Anda punya roh yang penuh sukacita, hati yang penuh kasih dan mata yang penuh belas kasihan, maka hal itu akan bersinar keluar. Sebaliknya, kalau hati Anda penuh kepahitan dan mata yang tidak memancarkan iman maka penampilan Anda juga akan kusut, suram dan jelek.

Kita menyembah Tuhan yang indah tiada taranya. Dan kita tahu bahwa kita akan diubahkan menjadi seperti apa yang kita sembah (Mazmur 115:8). Kalau Anda menyembah pribadi yang indah, Anda akan menjadi indah juga.

Ribka adalah gadis yang cantik, dan dia lahir dalam keluarga kaya, tetapi dia bukanlah anak yang mementingkan diri sendiri dan egois. Sebaliknya, dia memilih untuk memiliki hati hamba dan suka melayani semua orang!

Berikut 7 kualitas hati hamba yang perlu kita punya.

1. Hati Hamba HATI YANG RELA

Kejadian 24:18-19 Jawabnya: "Minumlah, tuan," maka segeralah diturunkannya buyungnya itu ke tangannya, serta diberinya dia minum. Setelah ia selesai memberi hamba itu minum, berkatalah ia: "Baiklah untuk unta-untamu juga kutimba air, sampai semuanya puas minum.

Ayat. 19 dalam terjemahan lain : "I will...."

 

1 Petrus 5:2, "Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri."

 

Baca Juga: Kualitas Hamba

 

Pelayanan sejati lahir dari hati yang mengasihi Tuhan. Kerelaan hati membuat Anda bergairah dan penuh motivasi. Kerelaaan hati adalah pondasi untuk kesuksesan dalam segala aspek kehidupan kita.

Kejadian 24:58, "Lalu mereka memanggil Ribka dan berkata kepadanya: "Maukah engkau pergi beserta orang ini?" Jawabnya: "Mau."

Mazmur 110:3, Thy people shall be willing in the day of thy power..(Umat Tuhan akan rela pada hari kekuasaan Tuhan...)

 

2. Hati Hamba Mengejar Hal Yang Excellent

 

Ribka bukan hanya sekedar mengerjakan tugasnya. Tetapi dia mengerjakannya dengan baik, dan sampai tuntas.

 

Kejadian 24:19, Setelah ia selesai memberi hamba itu minum, berkatalah ia: "Baiklah untuk unta-untamu juga kutimba air, sampai semuanya puas minum."

 

Ibrani 12:2, "Marilah kita melakukannya dengan mata yang tetuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah."

 

Filipi 1:6, Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

 

Kalau Anda ingin menjadi seperti Yesus maka setiap kali Anda melakukan sesuatu, selesaikan dengan baik, lakukan dengan EXCELLENCE. Kalau Tuhan mengerjakan sesuatu maka hal itu akan melampaui apa yang bisa kita pikirkan atau doakan.

 

 

Baca Juga: Memimpin Dengan Hati Hamba

 

 

3. Hati Hamba CEPAT BEREAKSI

 

Kejadian 24:18,20, Jawabnya: "Minumlah, tuan," maka segeralah diturunkannya buyungnya itu ke tangannya, serta diberinya dia minum. Kemudian segeralah dituangnya air yang di buyungnya itu ke dalam palungan, lalu berlarilah ia sekali lagi ke sumur untuk menimba air dan ditimbanyalah untuk semua unta orang itu.

Kecepatan sangat penting dalam pelayanan. Derajat kerelaan hati Anda bisa diukur dari kecepatan pelaksanaan tugas yang ada.

 

4. Hati Hamba Menyadari Pelayanan TIDAK MUDAH

Lukas 17:7-8, "Siapa di antara kamu yang mempunyai seorang hamba yang membajak atau menggembalakan ternak baginya, akan berkata kepada hamba itu, setelah ia pulang dari ladang: Mari segera makan!  Bukankah sebaliknya ia akan berkata kepada hamba itu: Sediakanlah makananku. Ikatlah pinggangmu dan layanilah aku sampai selesai aku makan dan minum. Dan sesudah itu engkau boleh makan dan minum."

Melayani itu tidak mudah. Melayani selalu akan menyita waktu Anda. Melayani itu tidak mudah. Tetapi justru itulah saatnya Anda mendemonstrasikan kemurnian kasih Anda pada Tuhan dan sesama!

 

 

5. Hati Hamba Penuh HORMAT

 

Kita lihat betapa Ribka menghormati, respek terhadap Eliezer. Kejadian 24:18, Jawabnya: "Minumlah, tuan,"

 

Hati hamba memahami bagaimana cara menunjukkan hormat. Kalau Anda merendahkan diri Anda, maka Anda akan ditinggikan.

 

 

Baca Juga: Rahasia Untuk Memperbesar Kapasitas Hati

 

 

6. Hati Hamba Mau BEKERJA

 

Hati hamba mau bekerja keras.Kalau Anda mencari dahulu kerajaan sorga dan kebenarannya maka segala kebutuhan Anda akan ditambahkan kepada Anda.

 

 

7. Hati Hamba PENUH PERHATIAN

Melebihi segala macam tindakannya, ada satu hal yang kita tahu tentang Ribka: dia penuh perhatian pada orang lain. Ribka menemukan takdir ilahinya karena di dunia yang egois ini, dia memperhatikan seorang asing.

Ibrani 13:1-2, " Peliharalah kasih persaudaraan! Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang (stranger), sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat."

Alkitab katakan, "Peliharalah kasih persaudaraan!...." karena waktu Anda melayani mereka, Anda sementara membuka pintu masa depan Anda.

Halaman :
1

Ikuti Kami