Si Bongsor M930, PDAphone Keluaran Asus

Entertainment / 18 December 2008

Kalangan Sendiri

Si Bongsor M930, PDAphone Keluaran Asus

Puji Astuti Official Writer
4249

Setelah lama menghilang dari rimba PDAphone di Indonesia, Asus kembali unjuk gigi dengan M930 . M930 berusaha keras berpenampilan layaknya ponsel biasa, namun bodi bongsor memang sulit disamarkan. Meski begitu, dimensi M930 tetap lebih kecil dibanding Nokia E90 atau peranti bermodel serupa lainnya.

Entah apa alasan desainer M930 menempatkan tombol On-Off di pojok kiri atas layar; yang jelas justru terlihat unik. Kami pun tak mengira bahwa palang besi yang membatasi bawah layar ternyata tombol menu kiri (Start) dan kanan (Contacts).

Tebalnya bodi sudah tentu karena menyimpan keyboard Qwerty. Ketika lipatan dibuka, tampilan bagian dalam akan langsung mengingatkan kita pada Nokia E90, LG KT610 atau beberapa model sejenis; layar internal yang diapit dua bidang gelap di satu sisi, dan keyboard Qwerty di sisi lain.

Keyboard terdiri dari 5 baris selayaknya keyboard Qwerty untuk PC. Kita bisa temukan pintasan khusus di baris paling bawah keyboard, yaitu Messaging/Wireless Manager (gambar amplop/pemancar) dan Internet Explorer/Internet Sharing (gambar huruf e/monitor). Di baris ini juga terletak tombol Caps/Shift, Fn, Space, dan a/A/SYM. Yang menarik agaknya adalah tombol Task Manager (bergambar panah melingkar) yang fungsinya sebagai pintasan ke aplikasi-aplikasi yang terakhir kali diakses.

Yang agak berbeda lainnya adalah cara bertelepon. Di keypad, kita langsung saja pencet nomor tujuannya. Tapi di keyboard, yang berfungsi sebagai dial number adalah deretan tombol angka di baris pertama.

Kamera yang dipakai pada video call adalah kamera yang ada di pojok kanan atas layar internal. Agaknya ini benar-benar hanya untuk video call, karena tak terlihat setting untuk memakainya sebagai pemotret foto atau perekam video. Pada setting Video Call ada opsi untuk memasang image atau langsung mengaktifkan kamera ketika ber-video call.

Sebaliknya, kamera utama yang ada di belakang bodi agaknya tak bisa dipakai untuk video call; hanya ada setting untuk memotret foto dan merekam video. Ada tombol kamera di pojok kanan bawah bodi, tapi tidak ada lampu maupun cermin. O ya, kamera utama tak berfungsi bila peranti dalam keadaan terbuka. Setting yang disediakan lumayan lengkap. Foto bisa dipotret dengan resolusi maksimal 1600x1200, sementara video bisa direkam dengan resolusi maksimal 176x144.

Yang cukup menarik lainnya adalah pemakaian jack 2,5mm untuk colokan headset; letaknya di bawah bodi. Pemisahan fungsi ini dari port (mirip) USB mini memungkinkan kita tetap dapat mendengarkan musik dari headset meski peranti sedang dipakai mentransfer data atau isi ulang batere. Ada setting Headset Volume Limiter yang membantu mengolah kualitas suara yang dihasilkan peranti. Speaker eksternal tetap ada; letaknya di dekat kamera utama. Tombol volume +/- ada di kanan bodi.

M930 masih memakai Windows Mobile 6 Standard. Kami belum mendapatkan informasi kapan tersedianya upgrade ke versi 6.1. Paling tidak, aplikasi standar untuk kerja maupun bersenang-senang sudah lebih dari cukup. Jika masih belum puas, tinggal install software pihak ketiga. Kapasitas storage M930 masih dapat ditambah karena disediakan slot MicroSD; bisa kita temukan di kanan bodi, dengan penutup bertulisan MicroSD.

Desain yang dipakai M930 sebetulnya sudah banyak dipakai oleh peranti pintar lainnya. Nilai plus agaknya terletak pada sistem operasi. Windows Mobile buatan Microsoft menjadi jaminan kompatibilitas antara PC dan peranti bagi para pebisnis.

Spesifikasi Asus M930
Jaringan : GSM 900/1800/1900 MHz, UMTS 2100, HSDPA
Bentuk : Lipat
Dimensi : 113x54x19 mm
Bobot : 158 gram
Sistem operasi : Windows Mobile 6 Standard
Prosesor : TI OMAP 2431 450 MHz
Memori : Flash ROM 256MB, SDRAM 64MB
Memori tambahan : MicroSD; dukung SDHC
Batere : Li-ion 3,7V 1100mAh
Waktu siaga : rata-rata 2 hari
Waktu bicara : rata-rata 3 jam
Layar luar: 2", TFT, 240x320 pixel, 65 ribu warna
Layar dalam: 2,5", TFT, 400x240 pixel, 65 ribu warna
Konektivitas antar peranti : USB mini, Bluetooth 2.0 + EDR, WLAN 802.11 b/g
Konektivitas internet : GPRS/EDGE, UMTS, HSDPA
Kamera : 2.0MP (utama), 0.3 (sekunder)
Aplikasi : Voice Notes, Office (Excel Viewer, PDF Viewer, PPT Viewer, Word Viewer), Java, Remote Presenter, Spb Zip, Task Manager, Voice Commander, Camera, Streaming Player, My Secrets
Isi paket : Charger, headset, manual

Sumber : Kompas.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami