Jadi Pahlawan, Pelempar Sepatu Bush Masuk Penjara

Jadi Pahlawan, Pelempar Sepatu Bush Masuk Penjara

Tammy Official Writer
3646
Ribuan warga Irak turun ke jalan untuk menuntut dibebaskannya reporter yang melempar Presiden Bush dengan sepatu. Sebelumnya, pejabat saluran televisi Irak, Al-Baghdadia, juga menyerukan agar wartawannya bernama  tersebut dibebaskan. Zaidi melemparkan sepatunya ke arah Presiden George W Bush dalam konferensi pers di Baghdad.
 
BushLemparan sepatu hampir saja mengenai Presiden Bush, dan Zaidi yang langsung diringkus oleh penjaga keamanan sekarang ditahan. Wartawan Stasiun Televisi Al-Baghdadia itu akan segera diadili atas dasar penghinaan terhadap negara. Pemerintah Irak juga meminta kepada Al-Baghdadia untuk meminta maaf. Pasalnya, perusahaan telah membuat aksi pelemparan tersebut seakan tindakan patriotik.
 
Sebaliknya, bagi keluarga, Al-Zaidi dianggap sebagai pahlawan. Aksi pelemparan tersebut dinilai mewakili perasaan rakyat Irak terhadap aksi penindasan yang dilakukan tentara sekutu pimpinan AS.
 
Menurut Dhirgham al-Zaidi, saudara lelakinya yang terkadang bekerja bersama Muntazer mengatakan Muntazer melakukan tindakan tersebut dipicu oleh perasaan-perasaan Muntazer yang selama ini menyaksikan penderitaan warga Irak setiap harinya. Kebanyakan kisah-kisah dari reporter ini berfokus pada janda-janda Irak, yatim-piatu, dan anak-anak, ujar Dhirgham.
 
Terkadang jurnalis berusia 29 tahun ini menangis. Tergerak akan kisah-kisah yang laporkan mengenai keluarga-keluarga miskin, ia terkadang mengajak kenalan-kenalannya untuk menyumbang bagi keluarga miskin.
 
Muntazer al-ZaidiAksi Muntazer ini juga dipuji oleh Hugo Chavez, presiden Venezuela yang dikenal sebagai musuh Bush. Chavez, yang selama bertahun-tahun juga melontarkan penghinaan terhadap presiden AS, mengatakan, ia tersenyum lebar selama pemutaran gambar mengenai peristiwa tersebut selama pertemuan kabinet yang ditayangkan stasiun televisi Venezuela.

"Untung (sepatu) itu tidak mengenai dia. Saya tidak mendorong orang melempar sepatu ke siapa pun, tapi sungguh, betapa berani pelempar sepatu itu," katanya.

Sumber : berbagai sumber/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami