Kurang Tidur Picu Obesitas

Info Sehat / 17 December 2008

Kalangan Sendiri

Kurang Tidur Picu Obesitas

Lestari99 Official Writer
6082

\"\"Bagi Anda pria yang tidurnya kurang dari lima jam setiap malam sebaiknya berhati-hati. Menurut laporan sebuah penelitian terbaru di Jepang, pria yang kurang tidur berisiko tinggi mengalami obesitas dan memiliki kadar gula darah tinggi sehingga berpotensi menyebabkan diabetes.

Seperti diungkapkan Professor Yoshitaka Kaneita dari Universitas Nihon, kurangnya waktu istirahat pada malam hari dapat memicu sejenis hormon dalam darah yang merangsang nafsu makan.

"Hal itu dapat meningkatkan perasaan lapar seperti halnya selera mengkonsumsi makanan berkalori tinggi," ungkapnya sambil menekankan penting artinya bagi masyarakat untuk memberi perhatian lebih pada waktu istirahat di malam hari.

Dalam risetnya, Profesor Yoshitaka melibatkan 21.693 pria yang dipantau kondisinya mulai dari tahun 1999 hingga 2006.  Pria yang tidak dalam kondisi gemuk atau obesitas pada 1999 tercatat 1,36 kali memiliki kecenderungan menjadi obesitas jika mereka tidur kurang dari lima jam setiap malam selama kurun waktu tujuh tahun dibandingkan mereka yang tidurnya rata-rata lebih dari lima jam.

Pria yang tidurnya sebentar juga tercatat 1,27 kali mengalami peningkatan kadar gula dalam darah.  Penelitian ini tidak menyediakan data untuk perbandingan pada wanita.     

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami