Obama Akan Tarik Pasukan Dari Irak

Nasional / 9 December 2008

Kalangan Sendiri

Obama Akan Tarik Pasukan Dari Irak

Puji Astuti Official Writer
3250

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) telah menghubungi Perdana Menteri Irak dan menegaskan komitmennya untuk menarik pasukan AS dari Irak. Saat menelepon, Obama juga mengucapkan terima kasih kepada PM Nouri al-Maliki dan Pemerintah Irak atas upayanya mendapatkan persetujuan parlemen mengenai pakta kerja sama keamanan yang mengatur penarikan pasukan AS dari Irak dalam waktu tiga tahun mendatang.

Informasi dari Kantor PM Irak menyebutkan, Obama juga memberikan jaminannya mengenai penghormatan atas kedaulatan Irak dan komitmennya menarik pasukan AS dari Irak. Obama yakin sumber daya yang ada di Irak bisa dikurangi dan dialihkan ke
Afghanistan.

Juru Bicara tim transisi Obama, Nick Shapiro mengatakan, Obama kembali menelepon enam pemimpin dunia termasuk al-Maliki untuk menyampaikan apresiasinya atas ucapan selamat mereka mengenai terpilihnya Obama sebagai Presiden AS. Namun, ia tidak menjelaskan lebih detail mengenai isi pembicaraan tersebut. Shapiro menambahkan, Obama juga menelepon PM Denmark, Belanda, Yunani, Kuwait, Qatar, dan mantan PM Inggris Tony Blair yang sedang berkunjung ke AS.

Sumber : Suara Pembaruan/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami