Kongo, Operasi Lewat Instruksi SMS

Nasional / 6 December 2008

Kalangan Sendiri

Kongo, Operasi Lewat Instruksi SMS

Puji Astuti Official Writer
3600

Seorang dokter Inggris sukarelawan di Republik Demokratik Kongo menggunakan pesan sms dari rekannya saat melakukan amputasi untuk menyelamatkan seorang anak laki laki.

Ahli bedah pembuluh darah David Nott membantu anak berumur 16 tahun, saat dia sedang bekerja shift selama sehari dengan organisasi kemanusiaan Dokter Tanpa Batas, MSF di Rutshuru. Lengan kiri anak tersebut terputus dan menjadi infeksi.

 

Nott yang berusia 52 tahun berasal dari London. Dia tidak pernah melakukan operasi tetapi Nott mengikuti instruksi dari rekannya yang sudah pernah melakukannya.

 

Ahli bedah di Rumah Sakit Charing Cross London barat tersebut mengatakan: "Dia sekarat. Ketika saya bertemu dengannya, dia hanya dapat bertahan hidup sekitar dua atau tiga hari lagi. "

 

Instruksi seksama

 

Nott diberitahu bahwa anak laki laki tersebut digigit kuda nil ketika sedang memancing. Dia kemudian menyadari dirinya terjebak diantara tembak menembak pemerintah dengan pasukan pemberontak.

 

Lengan anak tersebut hanya tersisa 15 sentimeter, otot disekitarnya sudah mati dan hanya sedikit kulit yang tersisa.

 

Nott mengetahui dirinya perlu melakukan amputasi yang memerlukan pengangkatan tulang selangka dan belikat.

 

Dia kemudian menghubungi profesor Meirion Thomas dari Rumah sakit Royal Marsden London yang sudah pernah melakukan operasi sejenis sebelumnya.

Jika Anda bukan dokter jangan pernah mencoba melakukan hal seperti ini. Sangat berbahaya.

Sumber : BBC/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami