Hikmat Tangga Menuju Tempat Terhormat

Kata Alkitab / 5 December 2008

Kalangan Sendiri

Hikmat Tangga Menuju Tempat Terhormat

Puji Astuti Official Writer
6108

Jalan menuju keberhasilan hidup ini harus melalui titian tangga hikmat. Raja Salomo menjadi raja terbesar sepanjang masa karena hikmat yang dimilikinya. Namun di dunia ini ada dua jenis hikmat, hikmat yang berasal dari dunia ini atau hikmat manusia dan hikmat Allah.

Hikmat manusia adalah kebodohan di hadapan Allah (Roma 1:22), tetapi yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari manusia manapun (1 Korintus 1:25). Hikmat Allah mengarahkan kehidupan manusia. Karena didalam hikmat Tuhan ada tuntunan yang jelas akan kehidupan ini. Hal ini lah yang akan Anda dapatkan ketika berjalan dalam hikmat Tuhan:

Anda akan mengalami kebebasan, dan kelegaan. Dengan berjalan dalam hikmat Tuhan, Anda tidak menyembunyikan apapun. Hidup Anda transparan, Anda memiliki kehidupan yang berintegritas.

Dengan hikmat Tuhan, setiap keputusan Anda akan lebih bijak. Anda tidak lagi meraba-raba dalam kegelapan, karena Anda berpijak kepada kebenaran.

Cara mendapatkan hikmat Tuhan sangat jelas tertulis dalam Amsal 9:10, "Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian."

Mengenai hal diatas ada sebuah ilustrasi menarik. Diceritakan bahwa sebuah pabrik kecil suatu kali berhenti beroperasi karena mesin utama pabrik itu rusak. Tidak seorangpun dari karyawan dapat memperbaiki mesin tersebut. Akhirnya manajemen pabrik tersebut memutuskan untuk memanggil mekanik khusus dari pembuat mesin tersebut.

Ketika mekanik itu datang, dan melihat sekilas keadaan mesin tersebut, dia mengambil palu dan mengetuk dengan hati-hati pada bagian tertentu mesin itu. Segera setelah ia selesai melakukan hal itu, ketika mesin tersebut dinyalakan kembali, semuanya dapat berjalan dengan baik.

Melihat bahwa pekerjaannya sudah selesai, mekanik tersebut menyodorkan bon pembayaran. Begitu tagihan itu diterima si pengawas pabrik yang melihat bagaimana mekanik itu memperbaiki mesinnya, dia sangat kaget. Si pengawas pabrik itu menempelkan bon tersebut di mesin itu dan meminta penjelasan dari si mekanik, mengapa dia menagih sebesar 100 $ untuk mengetuk-ngetuk mesinnya.

Akhirnya si mekanik menjelaskan, "Untuk mengetuk-ngetuk mesin, itu hanya 1 $. Dan untuk mengetahui dimana harus mengetuknya 99 $."

Dengan hikmat Tuhan, Anda bisa melihat sesuatu lebih tajam. Anda bukan hanya melihat masalah yang dipermukaan, namun mengenali akar masalah yang sebenarnya. Seperti itulah hikmat dari Tuhan digunakan. Hikmat Tuhan membuat Anda menjadi seorang yang cakap dan ahli. Dan dengan kecakapan itu, maka promosi akan datang dalam hidup Anda (Amsal 22:29).

 

Junjunglah dia, maka engkau akan ditinggikannya; engkau akan dijadikan terhormat, apabila engkau memeluknya.

Amsal 4:8

Sumber : Jawaban.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami