Dapatkan Apa Yang Sudah Anda Bayar

Investment / 4 December 2008

Kalangan Sendiri

Dapatkan Apa Yang Sudah Anda Bayar

Puji Astuti Official Writer
3377

Kelemahan dari bisnis di Indonesia masih berada pada pelayanan konsumen. Slogan pembeli adalah raja hanya berakhir pada slogan. Sering kali konsumen membayar untuk sesuatu yang kurang memuaskan, dan mereka tidak mendapatkan apa yang diharapkannya.

Namun kita sebagai konsumen pun memiliki kelemahan, yaitu tidak mau memperjuangkan apa yang harusnya kita dapatkan dengan uang yang telah kita keluarkan. Dengan kemalasan untuk menyampaikan keluhan, hasilnya maka tidak pernah ada peningkatan pelayanan.

Berikut ini ada tips untuk mendapatkan apa yang telah Anda beli sesuai dengan uang yang Anda keluarkan. Kuncinya adalah ‘Jangan malas menyampaikan keluhan.'

Aturan  pertama : Jangan menunda. Jika pelayanan sangat tidak menyenangkan, makanan yang disajikan tidak enak, produk yang Anda beli mengecewakan, jangan menunda untuk menyampaikan keluhan pada penyedia produk dan layanan. Lebih lama Anda menunda maka kemungkinan ditanggapi semakin kecil.

Aturan kedua: Gunakan telephone. Cari nomor telephone perusahaan atau jika memungkinkan hubungi supervisor dari customer service. Bicaralah dengan baik-baik, sampai Anda bisa bicara dengan pemimpin departmen tersebut. Jelaskan keadaan Anda dan sampaikan apa yang Anda inginkan untuk mengubah situasi yang tidak menyenangkan tersebut. Jika hal ini tidak berhasil, gunakan aturan ketiga.

Aturan ketiga: Tulislah surat. Surat memiliki tiga keuntungan: Anda tidak perlu menghadapi konfrontasi langsung, Anda bisa menyampaikan apa yang Anda pikirkan sejelas mungkin dan Anda akan memiliki rekaman apa yang Anda sampaikan. Selalu sertakan nama jelas, alamat, dan telephone serta tanggal kejadian. Pastikan Anda memiliki foto kopi dari surat yang Anda kirimkan.

Kebanyakan masalah bisa diselesaikan dengan aturan yang pertama, karena bagaimanapun perusahaan ingin menjaga citranya di hadapan konsumen. Jadi jangan pernah takut untuk menyampaikan keluhan. Anda layak untuk mendapatkan yang terbaik sesuai dengan apa yang telah Anda bayarkan.

Sumber : Cross Walk/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami