Keseriusan AS Ungkap Kasus Pembantaian Mumbai

Nasional / 1 December 2008

Kalangan Sendiri

Keseriusan AS Ungkap Kasus Pembantaian Mumbai

Tammy Official Writer
8605
Presiden AS George W. Bush mengutus Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice ke New Delhi untuk menunjukkan dukungan Washington terhadap India menyusul serangan teroris di Mumbai yang menewaskan hampir 200 orang termasuk di antaranya enam warga AS. Sekretaris Pers Gedung Putih Dana Perino menjelaskan, Condoleeza Rice dijadwalkan berkunjung ke New Delhi, Rabu (3/12), setelah menghadiri sebuah pertemuan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Brussels, Belgia.

Condi Rice"Kunjungan Menlu Rice ke India adalah untuk menunjukkan lebih serius komitmen AS dalam menjalin solidaritas dengan masyarakat India serta membentuk kerja sama dalam memburu para ekstremis yang harus mempertanggungjawabkan aksinya," ujar Dana Perino dalam sebuah pernyataan. Pengumuman tentang kunjungan Rice ke New Delhi disampaikan beberapa jam setelah Presiden Bush menelepon Perdana Menteri India Manmohan Singh untuk memastikan bahwa Pemerintah AS bersikap serius untuk terlibat dalam investigasi serangan teroris di Mumbai.

Rice berencana mengikuti rapat para menteri luar negeri NATO, Selasa dan Rabu. Pertemuan tingkat menteri luar negeri tersebut akan difokuskan pada agenda internasional secara luas, termasuk konflik di Afganistan, Georgia, dan Ukraina.


Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami