Nama Baik Akan Membawa Anda Naik

Kata Alkitab / 28 November 2008

Kalangan Sendiri

Nama Baik Akan Membawa Anda Naik

Puji Astuti Official Writer
5596

Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi lebih baik daripada perak dan emas.

Amsal 22:1

Nama, tidak banyak orang menyadari pentingnya sebuah nama baik. Seringkali orang menggunakan ungkapan ini, ‘apa arti sebuah nama.." Jika seorang anak lahir, bahkan sebelum anak tersebut lahir orang tua pasti sudah sibuk mempersiapkan nama bagi buah hati mereka. Pada nama tersebut orang tua menaruh harapan dan cita-cita bagi buah hati mereka.

Tidak hanya itu, ketika seseorang meninggal dunia, dapat diketahui apakah dia orang yang baik atau buruk ketika orang-orang disekitarnya mengingat namanya. Amsal berkata, ‘kenangan kepada orang benar mendatangkan berkat.' Indah bukan jika Anda memiliki nama baik, bahkan ketika Anda meninggal masih bisa memberkati orang lain.

Hal-hal berikut Anda perlu ingat akan pentingnya sebuah nama baik:

  •  Nama baik mendahului promosi.

Ketika seseorang mengenal kita sebagai pribadi yang baik, maka rekan-rekan kita akan nyaman membangun hubungan dengan Anda. Dari hubungan tersebut, terbangun rasa saling percaya.

Apakah Anda tahu bahwa bisnis seringkali datang dari seorang teman. Jika rekan-rekan Anda menaruh kepercayaan kepada Anda, maka promosi itu akan terjadi dengan sendirinya. Nama Anda akan di referensikan dari mulut ke mulut. Reputasi Anda akan terbangun, dan berkat pun mengalir.

  •  Nama baik memberi pertolongan.

Nama baik tidak terbangun dengan otomatis, hal ini sejalan dengan karakter dan perbuatan Anda setiap hari. Ketika nama baik Anda teruji, maka saat Anda butuh pertolongan, seringkali Tuhan akan bukakan pintu yang tak pernah Anda duga.

Hal inilah yang dialami oleh perwira Kapernaum yang di ceritakan dalam Lukas 7:1-10. Pada saat perwira itu meminta tolong pada Yesus untuk menyembuhkan bawahannya, orang-orang Yahudi memberi kesaksian bahwa perwira itu memang layak untuk di tolong. Bagaimana dengan Anda? Apakah ketika Anda butuh pertolongan, orang akan merefrensikan bahwa dia layak di tolong? Silahkan Anda jawab sendiri.

  •  Nama baik Anda akan menyelamatkan

Amsal 11:4 berkata bahwa, ‘Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut.' Kebenaran Anda adalah reputasi Anda. Integritas Anda mencerminkan diri Anda sepenuhnya. Dan hal inilah yang akan menyelamatkan hidup Anda dari masalah-masalah yang mungkin dapat menjerat Anda . Pastikan reputasi Anda sesuai dengan karakter dan integritas Anda.

Fokus kehidupan kita bukanlah untuk membangun reputasi dan nama baik. Namun jika hidup Anda benar, dan berintegritas, maka secara otomatis reputasi dan nama baik Anda akan terbangun.

Jika reputasi dan nama baik dibangun dengan sebuah rekayasa, maka dalam masa pengujian, kebenarannya akan muncul. Hal itu tidak akan bertahan lama. Nama baik Anda, adalah hasil dari hidup dalam kebenaran.

Sumber : Prinsip Hidup Unggul/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami