Menteri Polandia Berlelucon Kakek Obama Kanibal

Nasional / 20 November 2008

Kalangan Sendiri

Menteri Polandia Berlelucon Kakek Obama Kanibal

Puji Astuti Official Writer
3503

Menteri Luar Negeri Polandia, Radek Sikorski, sedang dalam sorotan menyusul isu bahwa dirinya berlelucon "kakek Obama kanibal".

Daily Telegraph melaporkan Sikorski dituduh menyatakan lelucon itu oleh politisi oposisi, Ryszard Czarnecki. Dalam blog-nya, Czarnecki yang Anggota Parlemen Eropa, mengutip bahwa menteri luar negeri Polandia berkata "Pernahkah anda dengar bahwa Obama mungkin ada hubungan dengan orang Polandia? Kakeknya makan seorang misonaris asal Polandia."

Sikorski, lulusan Oxford yang pernah tinggal di AS, lewat jurubicara kementeriannya mengatakan bahwa perkataan itu memang ada namun tujuannya bukan untuk menghina Barack Obama yang berayah warga Kenya.

"Pak Sikorski tidak mengatakan lelucon rasis," kata jurubicara tersebut, Piotr Paszkowski. "Dia hanya memberikan contoh tentang 'lelucon' tidak enak dan rasis di sekitar Presiden-terpilih Barack Obama."

Perdana menteri Donald Tusk belum berkomentar untuk soal tersebut dan tampaknya jabatan Sikorski tidak terancam meski politikus oposisi menyerukan penyelidikan untuk mengetahui jika menteri luar negeri tersebut telah melanggar undang-undang anti-rasisme.

Ucapan yang menghina keluarga Obama itu kemungkinan jadi "santapan" di dunia perpolitikan Polandia. Wojciech Olejniczak, pemimpin partai oposisi utama, SLD, menuduh kalimat tersebut pertama kali dia dengar dari Jaroslaw Kaczynski, mantan perdana menteri dan saudara kembar presiden Polandia, Lech Kaczynski
.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami