Sydney Mohede

A to Z Biography / 19 November 2008

Kalangan Sendiri

Sydney Mohede

agnes.faith Official Writer
20451

Sydney Mohede menghabiskan masa remajanya di Los Angeles, USA. Setelah menyelesaikan pendidikannya dalam bidang seni, ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia pada tahun 1995 dan mendaftarkan diri di sekolah teologia.

Sydney Mohede yang lahir pada 27 Maret 1973 ini berprinsip "Memberi yang terbaik, nanti promosi datang dari Tuhan." Sydney tidak setuju tentang pendapat banyak orang yang bekerja sesuai dengan honor atau gaji." Saya pernah mendengar begini, kalau saya dapat gaji lima juta, saya baru akan bekerja keras. Kenapa tidak berpikir, saya akan beri yang terbaik bagi pekerjaan saya, soal penghasilan pasti mengikuti? Saya percaya dengan Firman Tuhan, bila kita setia dengan perkara kecil, Tuhan akan mempercayakan perkara besar," tuturnya bijak.

Hal tersebut menjadi kenyataan dalam hidupnya. Melalui acara HUT RI ke-50 dengan tema "Indonesia Bersyukur" di Istora Senayan, masyarakat Kristiani melihat dan mendengar suara emas penyanyi rohani baru bernama Sydney Mohede. Lalu disusul konser GMB pertama di Pecenongan Jakarta, yang dipenuhi dengan anak muda. Iapun baru ikut gabung dengan VOG. Dan semakin hari pertemanan dan pelayanan Sydney pun makin bertambah.

Pada 9 Mei 2004, Sydney menikahi Etha Mohede, sang wanita sempurna bagi dirinya dan mereka telah dikaruniai 2 orang anak yang lucu: Ethan Mohede & Chelsea Faye Mohede.

Pertemuan dengan pastor Jeffrey Rachmat & pastor Jose Carol telah merubah hidupnya yang kemudian membawa dampak positif bagi dunia musik Kristiani. Sydney yang aktif berjemaat di Jakarta PRAISE Community Church (JPCC), kini adalah seorang pastor Youth di JPCC yang membawahi 300 anak-anak muda yang telah bergabung dalam sebuah komunitas dengan nama Oxygen. "Kecintaan saya pada Oxygen sangat besar," cetusnya. Apalagi melihat kesungguhan mereka dalam melayani Tuhan, bahkan sudah mengeluarkan album perdana TW Youth dengan judul "Breathe" dan yang kedua "Forever Reign." Tentunya hal itu menjadi kebanggaan tersendiri.

Setiap anggota Oxygen tahu jika Sydney adalah pecinta berat film dan pernak-pernik. Selain pecinta berat dari CM, 24, dan Friends, Sydney juga pengagum berat Lord of The Ring Trilogy, Godfather Trilogy, dan Sound of Music.

Sydney Mohede yang telah berkolaborasi dengan banyak artis dan pemusik rohani Kristiani baik dalam negeri maupun mancanegara memutuskan untuk resign dari GMB dan fokus pada pelayanan pastoralnya. Ungkapnya, "Saya belajar bahwa kunci dari fokus adalah eliminasi, so I need to eliminate some things in my life so that my life can be more focused. I am still writing songs, leading worship in JPCC and True Worshippers, and producing the next generation of worshippers."

Album Langit Biru

Sidney Mohede merupakan salah satu worship leader di True Worshippers dan juga menggembalakan youth church Oxygen dari tahun 2004 dibawah naungan gereja JPCC (Jakarta Praise Community Church). Selain menjabat sebagai Youth Pastor, ia juga merupakan bagian dari Worship Advisory Board di JPCC sekaligus Creative Director dari True Worshippers Productions.

Sidney sendiri merupakan fenomena di blantika musik gospel Indonesia, dan telah dipercayakan sebagai worship leader dan gitaris di City Harvest Church Singapura, Hillsong Conference Australia, maupun acara Tsunami Relief di Los Angeles, Amerika Serikat. Sidney juga telah pergi untuk melayani Hongkong, Singapura, Australia, New Zealand, dan Canada. Selama dua tahun berturut-turut dalam acara Gospel di Java Jazz 2005 dan 2006 ia dipercayakan sebagai worship leader bekerja sama dengan musisi-musisi dunia.

Sidney juga telah mengeluarkan 2 album solonya ‘Surrender' dan ‘Better Days'. Album ‘Surrender' merupakan terobosan tersendiri bagi Sidney. Ia banyak bekerja sama dengan para musisi handal seperti: Pongky Prasetyo, Ucok Radjagukguk, Devanata Gura. Di album ini Sidney juga berkolaborasi dengan Ruth Sahanaya pada lagu ‘Lord I Surrender'. Untuk album ‘Better Days', Sidney bekerja sama dengan sahabatnya Daniel Sigarlaki. Sesuatu yang unik dalam album ini adalah Sidney menyanyikan lagu Mengenal-Mu versi Mandarin yang terjemahan lagunya ditulis oleh seorang kawan dari City Harvest Church Singapore.

Sejauh ini, Sidney telah memproduseri dan merilis beberapa album Kristen dengan penjualan terbaik seperti True Worshippers dan Giving My Best (GMB) di seluruh Indonesia dan juga Asia. Setelah melayani selama 12 tahun sebagai pemimpin pujian di GMB, Sidney mengundurkan diri di bulan Januari 2008 dari band yang telah membesarkan namanya agar ia bisa fokus di Oxygen, JPCC dan juga keluarganya.

Ia telah dikenal sebagai penulis lagu handal dan telah menulis 100 lagu di berbagai produksi album. Saat ini, ia mempercayakan lagu-lagunya kepada Insight Unlimited Publishing sehingga Sidney dapat memberikan fokus sepenuhnya kepada pelayanan yang sedang ia lakukan.

Sidney sekarang tinggal di Jakarta bersama dengan istrinya, Etha dan memiliki kedua anak, Ethan dan Chelsea. Saat ini ia bersama kakaknya, Tessa Mohede sedang menjalani sebuah projek untuk meluncurkan sebuah buku.

Di tahun 2008 ini, Sidney menjadi duta besar dari Compassion, sebuah yayasan yang difokuskan membantu anak-anak diseluruh dunia untuk melepaskan mereka dari belenggu kemiskinan baik secara ekonomi, sosial dan rohani serta membantu mereka berkembang dan bertumbuh sebagai orang-orang dewasa Kristen yang  bertanggung jawab. Album Ada Langit Biru sendiri mendapatkan dukungan penuh dari Compassion.

SEKILAS MENGENAI ALBUM ADA LANGIT BIRU

Ditahun 2008 ini, Sidney merilis album Ada Langit Biru: Karya Cipta Sidney Mohede yang melibatkan para musisi muda seperti: Andriyanto, Adi Wibowo, Willyjanto, William Hermanto, Rio Felani, Mario Christo dan juga para penyanyi muda: Kenny Goh (TW Youth), Winny Jessica dan Ribka (Treasure Voices), Billy Julius Simpson, Gianni Messah, Regina Pangkerego, Michael Idol dan Gail Satiawaki. Meskipun produksi album ini lebih banyak dimotori oleh para generasi muda, para musisi serta penyanyi handal juga ikut serta, seperti: Alvi Radjagukguk (True Worshippers), Ucok Radjagukguk, Pongky Prasetyo dan Rensis Wenas.

Ide awal dari pembuatan album ini berawal dari kepedulian Sidney akan generasi muda yang mempunyai bakat cemerlang dalam bidang musik. Kemudian keinginan tersebut dibicarakan dengan Hendra Chiang selaku Managing Director dari Insight Unlimited dan akhirnya sepakat untuk membuat sebuah album dengan kumpulan lagu ciptaan Sidney Mohede yang dikerjakan oleh para musisi serta penyanyi muda.

Album ini berisi kumpulan karya-karya terbaik dari Sidney Mohede. Sidney telah menelurkan berbagai karya yang telah menginspirasikan serta mempengaruhi generasi muda dan juga gereja di Indonesia. Album ini memuat beberapa lagu yang ia citptakan saat masih tergabung dalam GMB, seperti: ‘MengenalMu', ‘Mengejar Hadir-Mu', ‘Kuterpaku'. Dengarkan juga lagu-lagu lainnya seperti ‘Captivated' dan ‘Kau Dambaanku' yang pernah dipopulerkan oleh True Worshippers. Selain itu, pecinta musik rohani juga akan mendengar lagu Ada Langit Biru yang dikarang oleh Sidney Mohede di tahun 2001. Pesan dari lagu ini adalah mengenai pengharapan yang selalu nyata dari Tuhan. Kisah dibalik penciptaan lagu ini bermula saat Sidney diminta untuk mengisi sebuah pagelaran drama yang bertajuk sama dengan judul lagunya ‘Ada Langit Biru' oleh Machowl Dance Centre dan Komunitas St. Thomas. Sidney akhirnya terinsipirasi untuk menulis lagu dengan judul yang sama untuk dinyanyikan di acara tersebut

DAFTAR LAGU

  • Mengejar hadir-Mu (vocal by Gianni Messah)
  • Kubersujud (vocal by Michael Idol)
  • Captivated (vocal by Kenny Goh)
  • Ada Langit Biru (vocal by Sidney Mohede)
  • My Simple Song (vocal by Alvi Radjagukguk)
  • Kau Dambaanku (vocal by Regina Pangkerego)
  • Tiada Seperti-Mu (vocal by Treasure Voices)
  • Mengenal-Mu (vocal by Gail Setiawaki)
  • Kuterpaku (vocal by Billy Simpson)
  • Where Would I Be (vocal by Sidney Mohede)

AKTIVITAS SIDNEY MOHEDE SAAT INI

  • Menjadi Worship Leader untuk acara Asia Conference
  • Penulisan buku yang dikerjakan bersama sang kakak, Tessa Mohede
  • Mempersiapkan proyek Selah 2
  • Mempersiapkan beberapa rencana dengan Compassion untuk mengadakan acara-acara yang berhubungan dengan anak-anak.

E-MOTION

Emotion adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang finance, produksi serta distribusi. Dengan sebuah idealisme yang mengarahkan entertaimen kepada tren dan teknologi yang terus berkembang, Emotion hadir untuk memajukan serta mendukung dunia musik, mobile entertainment dan film.

AKTIVITAS INSIGHT UNLIMITED

  • Menyiapkan pematangan rencana kerja Insight Unlimited di tahun 2009 untuk mempererat hubungan antara Insight Unlimited dan media dengan diadakannya Press Conference secara rutin.
  • Persiapan untuk album terbaru True Worshippers Youth
Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami