MP3 Berbahaya Bagi Penderita Jantung

Info Sehat / 16 November 2008

Kalangan Sendiri

MP3 Berbahaya Bagi Penderita Jantung

Lestari99 Official Writer
6211

\"\"Bagi Anda penderita penyakit jantung dan sedang berobat dengan alat bantu jantung, sebaiknya jangan mengantongi pemutar MP3 di saku baju karena akan berakibat fatal lantaran terganggunya kinerja alat pacu jantung.

Akibatnya sangat mengejutkan karena ada sekitar 15-30% pengguna alat bantu jantung yang biasanya menggunakan headphone, termasuk di antaranya Ipod ataupun Iphone dari Apple, mengalami gangguan.

Hal ini dilaporkan oleh Asosiasi Jantung Amerika dalam pertemuan di New Orleans, baru-baru ini.

Ada dua bagian penelitian ini yang baru saja menemukan bahwa pemutar musik MP3 termasuk iPod, bluetooth dan alat elektronik lain tidak berefek kepada alat jantung. Sementara banyak headphone mengandung magnet. Padahal magnet akan membuat alat jantung ini mengirimkan sinyal secara otomatis dengan irama yang lain.

"Ini akan terjadi jika pemutar musik MP3 Anda sedang hidup," ujar pemimpin penelitian sekaligus Direktur Medical Device Safety Institute di Harvard Williams Maisel yang berafiliasi dengan Beth Israel Deaconess Medical Centre di Boston.

Dalam penelitian, 60 pasien yang datang ke klinik dan meneliti delapan model headphone, termasuk yang masuk ke dalam lubang telinga. Alat-alat yan mengandung magnet ini memiliki kekuatan mencapai 10 gauss yang dapat merusakkan kinerja alat bantu jantung.

"Parahnya, kebanyakan headphone yang biasa dibawa kemana-mana kekuatannya mencapai 20 kali lipat," papar Maisel. Maka tinggalkanlah pemutar musik apapun, jika ingin panjang umur.

Sumber : inilah.com
Halaman :
1

Ikuti Kami