Simpanse Lahir Pasca Vasektomi

Serba-Serbi Sehat / 15 November 2008

Kalangan Sendiri

Simpanse Lahir Pasca Vasektomi

Lestari99 Official Writer
5353

Seekor simpanse di suaka satwa Louisiana, Amerika, melahirkan seekor bayi simpanse meskipun seluruh simpanse jantan di tempat itu telah menjalani vasektomi.

Para pekerja di Chimp Haven di Keithville terheran-heran demi mendapati simpanse bernama Teresa menggendong bayi saat dia berjalan melintasi kompleks berhutan itu.

Teresa dan bayi perempuan yang dinamai Tracy dilaporkan dalam keadaan sehat.

Staff di suaka itu mengatakan, vasektomi tidak selalu berhasil dan uji medis untuk memastikan jantan yang menjadi ayah Tracy tengah dilakukan.

Chimp Haven adalah kawasan seluas 81 hektar yang menjadi 'pusat pensiun' bagi simpanse yang sebelumnya dipergunakan dalam percobaan laboratorium.

Tidak Beres

Para pekerja di suaka itu mulai menyadari ada yang tidak beres, ketika Teresa yang kini berumur 40 tahunan dan lahir di alam bebas, tidak ditemukan saat pemeriksaan pagi.

Mereka menjadi terheran-heran saat melihat simpanse betina itu kemudian muncul dengan menggendong bayi.

"Kami semua agak terkejut saat mendengar kabar ini," kata Linda Brent, juru bicara Chimp Haven.

Manajer suaka itu mengatakan, ketujuh simpanse jantan yang hidup di tempat itu telah divasektomi sebelum tiba di taman, namun vasektomi itu tidak berhasil sedikitnya pada salah seekor primata ini.

Kini, sampel rambut diambil dari para simpanse jantan untuk menentukan yang menjadi bapak bayi simpanse ini. Dan, simpanse jantan itu akan segera menjalani vasektomi lagi secepatnya.

Sumber : bbcindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami