Kuku Bersih Pangkal Sehat

Solusi Sehat / 14 November 2008

Kalangan Sendiri

Kuku Bersih Pangkal Sehat

agnes.faith Official Writer
6780

Sedari kecil kita selalu diajarkan untuk menjaga kebersihan kuku tangan dengan memotong secara berkala.

Mungkin di antara pembaca masih ada yang mengingat saat duduk di bangku sekolah dasar dulu ada hari tertentu di mana semua murid diperiksa kukunya oleh guru.

Tak sedikit pula yang menganggap han pemeriksaan ini sebagai momok. Hal tersebut disebabkan karena banyak di antara kita sering lalai menjaga kebersihan kuku. Sering menggigit kuku, malas memotong kuku atau membersihkannya dari kotoran. Padahal, tangan merupakan bagian yang paling rawan terkena kotoran sekaligus sebagai alat makan. Seram bukan ?

Dari kuku dapat terlihat apakah orang tersebut menjaga kesehatan atau tidak. Bila kuku kita bersih dapat menambah rasa percaya diri dan tubuh pun terhindar dari kuman. Untuk itu, ada baiknya untuk menjaga kebersihan kuku.

Simak tips berikut ini :

  • Bagi seorang perempuan menggunakan pewarna kuku merupakan salah satu bagian dari fesyen. Tapi menggunakan pewarna kuku terus menerus juga tidak baik karena dapat membuat kuku terlihat kuning dan rapuh. Untuk itu, biasakan untuk tidak menggunakan pewarna kuku sehari dalam seminggu agar kuku Anda dapat beristirahat.
  • Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur yang digosok-gosokkan ke dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan.
  • Terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membuat kuku dan tangan menjadi kasar. Untuk melembutkan tangan, rendamlah tangan Anda ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit.
  • Untuk menghapus noda pada kuku, rendamlah tangan ke dalam air hangat yang telah diberikan air jeruk nipis selama 15-20 menit. Karena air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku.
  • Pertumbuhan kuku tangan setiap minggunya sekitar 0,5-1,5 mm yaitu empat kali lebih cepat daripada pertumbuhan kuku kaki. Untuk itu usahakan agar kuku tangan Anda tetap pendek untuk mengeliminir masuknya kuman berlebihan melalui kuku.
  • Untuk mencegah kuku dari kekeringan, berikanlah krim khusus untuk kuku dan jangan menggunakan penghapus pewarna kuku yang mengandung bahan kimia.
  • Tidak hanya perawatan dari luar, untuk menjaga kesehatan kuku juga dapat dilakukan dengan rutin minum susu setiap hari. Karena susu mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kuku tetap kuat. Apabila kuku Anda bersih, kesehatan pun lebih terjamin.
Sumber : depkes.go.id
Halaman :
1

Ikuti Kami