Para Raja Arab Akan Makan Bersama Presiden Israel

Nasional / 13 November 2008

Kalangan Sendiri

Para Raja Arab Akan Makan Bersama Presiden Israel

Puji Astuti Official Writer
4075

Raja Arab Saudi Abdullah Bin Abdul Aziz dan Presiden Israel Shimon Peres diperkirakan akan menghadiri jamuan santap malam bersama yang diselenggarakan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon, Selasa.

Sebagaimana dilaporkan AFP, pertemuan itu akan menjadi yang pertama kalinya di antara dua kepala negara yang tidak mempunyai hubungan diplomatik tersebut.

Ban mengatakan, dia mengundang kedua pemimpin tersebut saat keduanya berada di New York untuk menghadiri konferensi PBB mengenai dialog antar-agama.

"Agak jarang kita bisa memperkirakan bahwa Presiden Israel Peres dan Raja Arab Saudi maupun para raja dan pemimpin dari dunia Arab duduk bersama dan santap makan bersama. Ini sangat membesarkan hati dan sangat positif," kata Ban.

"Sehubungan itu saya dengan tulus berharap bahwa melalui partisipasi mereka dalam pertemuan itu, dan melalui kegiatan sosial seperti ini, serta lewat pertemuan diplomatik, mereka akan bisa lebih jauh mengedepankan pengertian."

Sebanyak 17 kepala negara dan pemerintah, termasuk dari Israel, Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa negara Arab, diperkirakan turut ambil bagian dalam konferensi antar-agama yang berlangsung Rabu dan Kamis. Konferensi tersebut merupakan prakarsa Raja Arab Saudi.

Tidak semuanya bisa datang pada santap malam tersebut tetapi Raja Abdullah dan Peres akan hadir. Peres didampingi Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni.

Presiden AS George W. Bush diperkirakan berada di New York, Rabu. Ban tidak mau menjelaskan apakah Raja Abdullah dan Peres akan duduk semeja.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami