Barack Obama: Paling Ketat Dijaga di Dunia

Barack Obama: Paling Ketat Dijaga di Dunia

Tammy Official Writer
12911
Presiden terpilih Barack Obama kini sudah mendapat penjagaan lebih ketat selayaknya Presiden AS. Tampak Secret Service Counter Assault Team, bersiaga penuh di dalam iring-iringan kendaraan yang mengawal Obama ke sebuah pertemuan di Gedung Biro Penyelidik Federal (FBI) di Chicago.

Presiden terpilih Barack Obama kini menjadi salah satu orang yang paling dijaga ketat di dunia. Pada empat tahun ke depan, Obama akan diikuti terus oleh Dinas Rahasia Amerika Serikat (Secret Services/SS) ke mana pun ia melangkah. Bahkan, untuk membuka pintu sekalipun, ia tak akan diizinkan.

"Perubahan kepemimpinan pasti membutuhkan perencanaan operasional yang besar terkait perlindungan bagi Presiden," ujar Juru Bicara SS Ed Donovan tanpa mau menjelaskan lebih jauh tentang pengaturan keamanan yang baru untuk Obama.

Setelah menang, seperti dikutip harian The Guardian, Obama harus mengikuti berbagai penjelasan yang berbelit tentang prosedur sebagai Presiden AS. Obama sendiri telah mengikuti taklimat pertama tentang intelijen dari Dinas Intelijen Pusat (CIA). Ia wajib mengikuti "kursus" selama 75 hari bagaimana berlaku sebagai Presiden AS. Tiap-tiap kursus memakan waktu 45 menit hingga satu jam. Di sini dijelaskan detail dinas rahasia.

Secret Service-Barack ObamaSebagai presiden keturunan Afrika-Amerika yang pertama, Obama mendapatkan banyak ancaman. Hal itu bukan bualan belaka karena tidak setiap orang bisa menerima kepemimpinan baru dari orang yang berbeda ras dengan presiden-presiden AS sebelumnya. Polisi dan perwira federal sudah mematahkan sedikitnya dua rencana pembunuhan Obama kendati belum jelas seserius apa rencana itu.

Obama mendapat pengawalan sejak Mei 2007, lebih cepat dari calon-calon presiden yang lain. Obama sempat mengeluh sejak setahun ini, ia tidak diperkenankan mengemudi mobilnya. Pengamanan yang semakin ketat sudah terlihat ketika Obama menyampaikan pidato kemenangan di Grant Park, Chicago, Rabu (5/11) dini hari. Ia dikelilingi oleh dinding-dinding kaca antipeluru.

"Presiden dijaga penuh 24 jam, tujuh hari, ke mana pun dia pergi," ucap Donovan.

Di mana pun lokasi yang akan dikunjungi sang presiden dan anggota keluarganya harus disterilkan dulu. SS juga menjaga segenap keluarga Obama dan wakil presiden terpilih Joe Biden.

Pernah Mengeluh

Secret Service USADalam situsnya, SS bermarkas di Washington, DC dan 150 kantor yang tersebar di seluruh AS dan mancanegara. SS dibentuk pada 1865 untuk memberantas pemalsuan uang. Namun, Kongres memperbesar mandatnya untuk melindungi pimpinan negara dan para penyelidik kriminal agar bisa melakukan tugas dengan aman.

SS bertanggung jawab untuk melindungi Presiden AS, para mantan Presiden AS, kepala negara/pemerintahan yang datang, dan calon-calon presiden. Para agen SS terlihat dari penampilan fisik mereka yang rata-rata bertubuh besar, kekar, setelan warna gelap, alat penyadapan di telinga, dan air muka yang dingin.

Penjagaan superketat pernah dikeluhkan oleh Presiden Jimmy Carter pada 1977 karena selalu dikepung oleh aparat keamanan ini ke mana pun ia pergi. Bahkan, ia tidak boleh membuka pintu sendiri. Carter sampai meminta mereka memberikan kesempatan untuk dia menyendiri.

Pengalaman serupa juga dikeluhkan Presiden Bill Clinton. Ia mengernyitkan dahi ketika para agen SS ini memintanya berhenti berlari pagi karena ada ancaman pembunuhan. Dalam memoarnya, Clinton menuliskan rasa frustasinya karena mesti mengabulkan permintaan mereka.

Sumber : suarapembaruan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami