Korut Bangun Landasan Peluncur Rudal

Nasional / 9 November 2008

Kalangan Sendiri

Korut Bangun Landasan Peluncur Rudal

Tammy Official Writer
3939
Korea Utara (Korut) tengah membangun landasan peluncur rudal baru, yang dapat digunakan untuk peluncuran rudal yang lebih besar dari yang pernah diluncurkan negara komunis itu sebelumnya. Demikian disampaikan Menteri Pertahanan Korea Selatan (Korsel) Lee Sang-Hee kepada parlemen.

Dikatakan Lee, Korut membangun landasan peluncur rudal barunya di Dongchang-ri, sekitar 120 km barat laut dari Pyongyang, dan proses pembangunan sudah mencapai 80 persen. Dia memperkirakan landasan peluncur rudal baru itu, bisa digunakan untuk peluncuran rudal yang lebih baru daripada rudal jenis Taepodong.

Rudal Korea UtaraKorut telah memiliki landasan peluncur rudal di Musudan-ri, pantai timur, yang digunakan untuk meluncurkan rudal Taepodong-1 pada 1998 melewati wilayah Jepang, yang memicu kekhawatiran negara-negara lain. Saat itu Korut beralasan, peluncuran rudal untuk mengirimkan satelit.

Rudal Taepodong-2 diluncurkan, juga dari Musudan-ri, pada 2006. Namun, pejabat Amerika Serikat mengatakan peluncuran itu gagal. Oktober, surat kabar Korsel Dong-A Ilbo melaporkan bahwa Korut tengah mengembangkan rudal balistik dari model Taepodong-2, yang dapat mencapai sasaran sejauh 10.000 km. Sebelumnya dikatakan, Taepodong-2 dapat mencapai sasaran sejauh 6.700 km.


Halaman :
1

Ikuti Kami