Sikap Menentukan Kesuksesan

Kata Alkitab / 7 November 2008

Kalangan Sendiri

Sikap Menentukan Kesuksesan

Lestari99 Official Writer
6490

Seberapa tinggi Anda terbang dalam Tuhan... seberapa Anda bertumbuh dalam-Nya... Berapa banyak kasih karunia yang Anda dapatkan di dalam Tuhan... Semuanya bergantung pada sikap dalam hidup Anda!

2 Timotius 2:20-21, Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia. Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.

Tuhan ialah Penjunan yang Agung dan kita ialah bejana-Nya. Tuhan ingin membentuk dan membuat Anda menjadi bejana yang indah untuk kemuliaan-Nya. Sekarang, dalam rumah penjunan ada banyak bejana. Beberapa bejana terhormat beberapa tidak. Apa yang membuat perbedaan? Dalam gereja, begitu banyak orang Kristen. Alkitab yang dibaca sama, menghadiri ibadah yang sama, melayani di tempat yang sama.

Tapi apa yang membuat perbedaan sehingga beberapa orang Kristen nampak seperti disukai Tuhan? Beberapa nampak lebih diberkati daripada yang lain? Beberapa bejana nampak lebih terhormat dibanding yang lain? Apa yang membuat perbedaan? Apakah karena jarak antara waktu keanggotaan Anda di gereja? Apakah jumlah talenta yang Anda berikan untuk gereja? Apakah karena jumlah jam yang Anda habiskan di gereja untuk berbuat ini-itu? Apakah karena personalitas Anda? Anda lebih ekstrovert, dll.

Faktor X Kesuksesan : Sikap Anda

Itu tidak ada kaitannya dengan penampilan luar, melainkan harus berkaitan dari dalam. Tidak ada kaitannya dengan keadaan dari luar melainkan dari dalam. Faktor X yang Tuhan cari ialah sikap Anda! Sikap Anda menentukan pencapaian Anda! Sikap benar-benar segala-galanya! Anda yang sekarang ada karena sikap Anda. Anda adalah gabungan keseluruhan dari sikap hati + mental + spiritual.

Filipi 3:13-15, Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu.

Ayat 15 (NASB) "Let us therefore, as many as are perfect, have this attitude; and if in anything you have a different attitude, God will reveal that also to you."

Apa yang Paulus katakan? Kalau Anda mau yang terbaik dari Tuhan dalam hidup Anda, maka sikap Anda juga harus benar. Kalau Anda mau terbang tinggi untuk menggenapi panggilan Tuhan dalam hidup Anda, sikap Anda haruslah benar.

Paulus : Seorang Dengan Sikap Yang Luar Biasa!

Paulus ialah seorang yang luar biasa. Dia seorang yang agak terlambat dalam hal kerohanian: seorang yang individualis, sombong, berdarah dingin... pembunuh, penganiaya gereja-gereja. Dalam kehidupannya, dia punya banyak keadaan yang melawan dia. Pertama, dia seorang yang jelek, bongkok, botak, pendek. Dan kedua, matanya hampir buta. Kata-katanya penuh dengan makian. Dia bukan seorang yang punya kepribadian yang menarik, Mr. Personality, yang akan membuat para wanita di gereja jatuh hati begitu melihatnya. Tetapi ketika dia menjadi seorang percaya, pertumbuhan rohaninya sangat fenomenal. Dia mendapat perjumpaan ilahi demi perjumpaan... yang bahkan murid-murid Yesus sendiri tak pernah impikan.

Diangkat ke surga, setan gemetar pada waktu menyebut namanya, dll. Bahkan dia melebihi gurunya, Barnabas. Sampai-sampai diapun lebih dewasa dibanding dengan Petrus, pemimpin dari 12 rasul! Mengapa Tuhan begitu suka dengan orang ini, seorang yang sedikit aneh, kurang bertalenta? Rahasia Paulus adalah dia memiliki sikap yang hebat!

Sikap Anda menentukan pencapaian Anda! SIKAP ANDA = SAUDARA SEBENARNYA! Waktu sikap Anda salah, seluruh hidup Anda akan berantakan. Waktu sikap Anda benar, seluruh hidup Anda akan berjalan seiring. Beberapa orang berpikir: "Aku butuh seseorang membantu memperbaiki sikapku."

"Pak pendeta, kontrol sikapku. Katakan bagaimana aku harus bertingkah laku!" Tidak, itu mustahil... itu tidak bisa. Saya bisa memperlihatkan tingkah laku yang benar untuk Anda tapi saya tidak bisa mengatur sikap Anda.

Kesimpulan :

Setiap dari Anda punya takdir / panggilan ilahi, rencana + tujuan di dalam Tuhan. Tetapi sejauh mana Anda mau mencapainya tergantung pada sikap dari hati Anda. Sikap Anda menentukan pencapaian Anda!

3 sikap yang dapat Anda miliki:

1. Kerendahan hati, seorang yang rela mengerjakan tugas seorang hamba.

2. Kerelaan hati, jika Anda rela + taat, Anda akan memakan hasil baik dari negeri itu! (Yesaya 1:19, Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu) vs pemberontakan = sihir.

3. Sikap yang positif, sikap seperti yang dimiliki Paulus!

Sumber : Daniel Martono
Halaman :
1

Ikuti Kami