Hubungan Indonesia-Jepang Sangat Unik

Nasional / 5 November 2008

Kalangan Sendiri

Hubungan Indonesia-Jepang Sangat Unik

Tammy Official Writer
6039
Selain hubungan dengan Amerika Serikat, hubungan bilateral Jepang dengan Indonesia selama 50 tahun belakangan ini adalah salah satu hubungan bilateral terunik yang pernah dimiliki Jepang di antara hubungan diplomatik yang telah dibangun dengan sekitar 192 negara.
 
Hal ini diakui oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kojiro Shiojiri, dalam diskusi mengenai refleksi hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia dalam rangkaian Indonesia-Japan Expo (IJE) 2008 di JIExpo Kemayoran Jakarta. "Bahwa kami memiliki hubungan diplomatik dengan 192 negara tapi sampai sejauh ini masih ada juga negara-negara dimana kami tidak bisa berbagi nilai. Di sini (di Indonesia), kami bisa berbagi nilai dan ini sangat penting dan lebih penting untuk menghadapi dinamika baru di dunia," ujar Shiojiri.
 
Hubungan Bilateral Indonesia-JepangPada awalnya, Shiojiri mengatakan bahwa Indonesia sangat penting bagi Jepang dalam konteks keamanan dan aspek geopolitis serta konteks besarnya sumber daya energi yang dimiliki Indonesia. Namun, Shiojiri mengatakan dalam era baru ini, faktor terpenting yang dilihat Jepang dari Indonesia adalah kehidupan Indonesia sebagai negara demokratis.
 
Shiojiri juga membantah bahwa selama ini Jepang hanya melihat Indonesia sebagai dumping ground atau sekedar pasar bagi kedua negara. Hanya saja, Shiojiri merasa Jepang dan Indonesia perlu mengembangkan kemitraan strategis daripada sekedar hubungan bilateral formil. "Misalnya di Bali, ada polisi Jepang yang ditempatkan di sana bersama-sama dengan polisi Indonesia dan sebagian besar wisatawan Jepang ada di Bali dan mereka berjalan dengan tenang karena merasa aman," tandas Shiojiri.
Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami