Selamat Mr. Obama! Anda Menang Telak Mengukir Sejarah Pemilu AS

Selamat Mr. Obama! Anda Menang Telak Mengukir Sejarah Pemilu AS

Tammy Official Writer
5704
Hasil Pemilu AS yang tidak hanya ditunggu-tunggu oleh segenap rakyat Amerika Serikat tetapi juga seluruh warga dunia telah diketahui. Barack Obama dari Partai Demokrat telah memenangkan Pemilu AS pada tahun 2008 menggantikan Presiden George W. Bush dari Partai Republik.

Kunci kemenangan Obama sukses mengalahkan McCaine di sejumlah negara bagian yang menjadi medan pertempuran termasuk di Ohio dan Pennsylvania. Selama ini tidak pernah ada presiden dari Republik yang kalah di Ohio. Demokrat juga menang telak dalam pemilihan Senat dan unggul pada pemilihan DPR.

Perhitungan CNN, Obama sementara telah meraup 338 electoral vote dan McCain mendapatkan 156. Electoral college terdiri atas 538 orang dari 50 negara bagian yang komposisinya sesuai jumlah perwakilan negara bagian di Kongres AS (435 anggota DPR AS/House of Representatives dan 100 anggota Senat). Untuk menjadi presiden AS, para kandidat harus mengumpulkan setidaknya 270 electoral vote.

Melihat hasil perhitungan tersebut, McCaine pun langsung berpidato mengucapkan selamat atas kemenangan Obama.

Barack Obama MenangPada pidato menyambut kemenangannya sebagai Presiden AS yang ke-44 di Chicago, Barack Obama berkata, "Jika selama ini ada di antara kalian sebagai warga negara AS mempertanyakan demokrasi yang ada di bangsa ini... Sekarang kalian tahu jawabannya."

Memang kemenangan Barack Obama pada pemilu ini sangat mengesankan. Selain mengukir sejarah sebagai warga negara AS Afrika-Amerika pertama yang terpilih sebagai presiden AS. Barack Obama dari Partai Demokrat telah memenangkan negara bagian Ohio, dimana selama ini tidak pernah ada capres dari partai lawan yaitu Partai Republik yang kalah di Ohio. Selain itu, Demokrat juga menang telak dalam pemilihan Senat dan unggul pada pemilihan DPR.

Dalam pidatonya, selain berterima kasih kepada orang terdekatnya dan manager kampanye-nya, David Plouffe, Barack Obama juga berjanji akan menepati janjinya dimana beberapa bulan lagi ia akan memasuki Gedung Putih. Ia berjanji akan mengadakan kembali pekerjaan bagi orang-orang telah kehilangan pekerjaannya dan berjanji mengembalikan keadaan AS ke dalam keadaannya semula setelah terpuruk akibat krisis ekonomi.

Barack ObamaMeskipun bisa dibilang Barack Obama masih hijau dalam panggung politik Amerika Serikat, tetapi rakyat AS mempercayakan kepercayaan besar ini kepadanya. Ia dipercaya akan memilih orang-orang terbaik dan berpengalaman dalam panggung politik AS dan dunia.

Dalam acara akbar menyambut kemenangannya tersebut, di tengah kerumunan massa begitu banyak terlihat banyak selebritis Hollywood yang juga turut ke jalan di tengah kerumunan massa tersebut seperti Oprah Winfrey dan Bruce Springsteen.


Sumber : berbagai sumber/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami