Musik Kegemaran Anda, Tunjukkan Karakter Anda

Psikologi / 3 November 2008

Kalangan Sendiri

Musik Kegemaran Anda, Tunjukkan Karakter Anda

Puji Astuti Official Writer
11632

Tahukah Anda bahwa melalui kegemaran musik Anda dapat terbaca seperti apa kepribadian Anda. Entah sadar atau tidak, kita sering ‘memamerkan' seperti apa diri kita melalui perilaku-perilaku yang bisa kita tampilkan di ruang publik: Gaya berpakaian yang kita kenakan, film yang kita tonton di bioskop, makanan yang kita santap di restoran, atau buku dan majalah yang kita baca.

Profesor Adrian North dari Heriot-Watt University di Skotlandia meneliti hal ini dengan melakukan survei kepada lebih dari 36000 orang di berbagai belahan dunia mengenai kepribadian mereka dan preferensi mereka terhadap 104 genre musik yang berbeda. Sayang tidak disebut-sebut mengenai musik dangdut atau musik daerah lainnya, tapi mungkin itu bisa disetarakan dengan musik country?

Bagi Anda penggemar musik klasik dan jazz, mereka adalah terbilang orang yang kreatif. Untuk penyuka musik pop, mereka adalah tipe pekerja keras. Dan terbalik dengan apa yang terlihat, penggemar heavy metal adalah orang lembut, kreatif dan juga tentram dengan dirinya sendiri.

Menurut Professor Adrian berdasarkan penelitiannya hubungan antara musik dan kepribadian seseorang sangat jelas. Hasil studinya menyimpulkan bahwa para penggemar musik klasik dan jazz selain kreatif juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Kelompok pecinta musik country dan western didapati orang yang pekerja keras namun sedikit pemalu. Sedang fans dari musik rap dan pemusik indie seringkali kurang percaya diri dan tidak terlalu lembut. Dan mereka yang menyukai musik soul hasil research menyatakan bahwa mereka adalah orang kreatif, outgoing, lembut, dan percaya diri.

Benar tidaknya penelitian ini, mungkin Anda ingin buktikan. Cobalah cek musik kegemaran Anda dan apakah benar karakter pribadi Anda seperti yang ada tertulis? Jika tidak, mungkin Anda ingin mencoba membuat riset juga. But over all, let's enjoy the music.

Sumber : popsy.wordpress.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami