Pegawai Kreatif? Andalah Orangnya!

Investment / 31 October 2008

Kalangan Sendiri

Pegawai Kreatif? Andalah Orangnya!

Lestari99 Official Writer
2999

Pasti Anda tahu bahwa Tuhan telah menciptakan  masing-masing individu dengan segudang potensi dan kemampuan untuk menciptakan 'sesuatu'. Kemudian tinggal diri Anda yang harus mengasah kreativitas dan membentuknya.

Nah, kalau saat ini Anda merasa kreatifitas itu belum juga nampak, semoga tips berikut ini bisa membantu :

Anda tak perlu menjadi orang yang sangat unik, apa lagi jenius untuk menjadi kreatif. Sebab, kreativitas dapat diekspresikan dalam berbagai pekerjaan dan aspek kehidupan. Artinya, Anda bisa menciptakan hal-hal baru atau alternatif baru dalam lingkungan pekerjaan sebagai cara untuk memecahkan masalah-masalah seputar pekerjaan.

Anda bebas menggunakan imajinasi. Sesungguhnya imajinasi seseorang tidak bisa dibatasi oleh apapun. Imajinasi bisa membantu Anda untuk mengeksplorasi alam pikir.

Cobalah untuk menjadi kanak-kanak kembali. Biarkan intuisi dan perkiraan Anda membimbing Anda. Beri pendekatakan kekanakan, sedikit kebebasan dan buka pikiran. Cara ini bisa membantu otak Anda berpikir bebas karena kerap kali pikiran dewasa menghalangi karena adanya faktor ketidakmungkinan. Katakan jangan banyak omong pada orang dewasa dalam diri Anda.

Biarkan diri Anda melakukan kesalahan. Dengan kesalahan Anda bisa belajar agar langkah selanjutnya bisa lebih baik. Bayangkan saja seorang penulis dengan banyak coretan di kertasnya. Pasti dia telah melakukan banyak kesalahan sebelum mencapai tulisan yang terbaik.

Isi otak Anda dengan banyak informasi. Biarkan otak Anda segar sejenak dari pekerjaan rutin, tontonlah film, datangi toko buku, museum, atau mal jika memang itu yang Anda sukai. Otak dan pikiran manusia memiliki kemampuan menyerap berbagai hal, dan mungkin hal-hal yang menyenangkan tersebut bisa menjadi sumber ide.

Segera tulis ide Anda. Kadangkala, ide bagus itu datangnya pada saat-saat tak terduga. Nah, agar ide tersebut tak hanya lewat saja, segera tulis dalam sebuah buku khusus atau agenda harian Anda. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Inggris mengatakan bahwa menulis itu bisa merangsang ide.

Jangan enggan untuk bertanya. Bertanyalah tentang apa saja sebab selalu bertanya merupakan keharusan untuk kita dapat bertumbuh dan berkembang. Jangan menganggap segala sesuatu sudah semestinya, sebab senantiasa bertanya tentang apa pun yang Anda lihat dan Anda lakukan dalam kehidupan ini bisa membuat Anda mengerti akan banyak hal.

Bila perlu, langgar peraturan dan hilangkan kebiasaan lama. Jika kita tidak memperoleh hasil yang baik seperti yang kita inginkan, baik itu dalam hal hubungan, pekerjaaan, maupun bisnis, cobalah untuk melakukan hal yang berbeda. Biasanya menjadi kreatif bisa berarti melanggar aturan atau pola-pola lama yang sudah ada, dan mengembangkan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu.

Jangan ragu-ragu ketika memulai sesuatu yang 'baru'. Lakukan apa yang Anda percayai, sebab kita semua punya kekuatan untuk menjadi kreatif, siapa pun dia adanya. Begitu pula Anda!

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami