Komunikasi, Jembatan Menuju Kesuksesan

Career / 28 October 2008

Kalangan Sendiri

Komunikasi, Jembatan Menuju Kesuksesan

Puji Astuti Official Writer
3734

Seni untuk berkomunikasi telah terbukti dalam sejarah memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, terutama dalam negosiasi maupun upaya mendapatkan sekutu atau dukungan. Diplomasi didasari oleh kemampuan untuk berkomunikasi yang baik. Setiap orang yang sukses memiliki kemampuan yang baik dalam bidang ini. Seni komunikasi yang baik memiliki beberapa trik seperti berikut ini:

Mengelola Kebutuhan

Satu hal yang tidak mungkin untuk membuat orang mempercayai Anda jika Anda sendiri kurang percaya diri. Pastikan Anda memiliki kepercayaan diri dan juga sikap positif.

Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, yang pertama Anda harus cari tahu adalah kebutuhan dari orang yang Anda ajak bicara. Dengan mengetahui apa yang dia butuhkan, baru Anda bisa menentukan tindakan apa selanjutnya yang bisa Anda buat, pastinya untuk menjawab kebutuhan tersebut. Dengan menjadi jawaban bagi masalahnya, Anda telah memiliki sebuah kunci yang dapat membuka pintu hatinya untuk memulai suatu hubungan yang lebih baik dengan Anda.

Gunakan kata-kata yang tepat

Seorang orator atau ahli komunikasi sangat mengetahui betapa pentingnya memilih kata-kata yang tepat. Kitab Amsal menuliskan," Setiap orang dikenyangkan dengan kebaikan oleh karena buah perkataan, dan orang mendapat balasan dari pada yang dikerjakan tangannya." (Amsal 12: 14).  Dalam menjalin sebuah hubungan yang baik, perkataan yang positif dan juga membangun akan sangat berguna.

Sebagai contoh, Warren Buffet seringkali mengatakan pada investornya bahwa mereka adalah "patnernya".  Sekalipun mereka tidak mendefinisikan dengan pasti tentang kata patner tersebut, tapi kata tersebut memberikan sebuah perasaan bahwa mereka dihargai dan memiliki posisi yang setara dalam bisnis Warret tersebut.

Bicara dalam bahasa mereka

Kembali, "Orang biasanya akan mengatakan "ya" pada orang yang mereka kenal ataupun sukai." Itu artinya sebuah komunikasi, yaitu alat membuat seseorang menjadi lebih dekat dengan Anda. Salah satu cara komunikasi yang efektif adalah dengan mengingat nama orang, dan menyapa dengan nama mereka saat berbicara dengannya.  Hal ini juga sangat penting dalam perjumpaan pertama Anda dengan seseorang. Dengan mengingat nama mereka, Anda memberi sinyal pada orang tersebut bahwa dirinya penting bagi Anda.

Tehnik selanjutnya adalah adaptasi dari teori Aristoteles, ethos, patmos dan logos.

Pemperlihatkan wewenang Anda (Ethos)

Menunjukkan wewenang Anda adalah membuat orang yang Anda coba yakinkan percaya bahwa Anda berada pada posisi yang memiliki kekuasaan. Tunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahan pembicaraan, dan kualitas diri Anda. Tunjukkan ketertarikan dan komitmen pada topik Anda.


Tunjukkan emosi Anda (Pathos)

Too often, people incorrectly assume that the business world is only concerned with facts. While numbers have their place and should never be ignored entirely, an appeal to emotions can prove especially effective in a business setting.  

Sering kali banyak orang berasumsi bahwa dalam dunia bisnis orang hanya peduli tentang fakta. Sedangkan pribadi seseorang sepertinya tidak terlalu dihiraukan sama sekali. Dengan menunjukkan emosi positif Anda, hal itu menjadi pembuktian akan penghargaan Anda atas pribadi seseorang dan keotentikannya. Namun pastikan Anda menunjukkan dalam porsi yang seharusnya, karena segala sesuatu yang over dosis tidak ada yang bagus.

Tunjukkan alasan (Logos)

Banyak orang ingin mengetahui, apa alasan yang cukup kuat bagi mereka untuk bekerja sama dengan Anda. Tunjukkan alasan yang tepat bagi mereka.

Pada akhirnya, komunikasi adalah kemampuan untuk bercerita. Jika Anda bisa mengkomunikasikan apa yang ada dalam pikiran Anda dengan baik, maka paling tidak rekan Anda tersebut sudah satu langkah lebih maju dengan mengetahui cara pandang Anda.

Komunikasi adalah jembatan yang akan membuat Anda membantu Anda mengatasi berbagai macam tantangan dan masalah, tidak hanya itu hal tersebut juga akan membantu Anda dalam meniti anak tangga kesuksesan dalam karir dan kehidupan Anda. Untuk itu pastikan Anda mengasah kemampuan Anda dalam berkomunikasi dengan baik.

Sumber : Ask Men/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami