Geliat Batik Dalam Tampilan Unik

Investment / 25 October 2008

Kalangan Sendiri

Geliat Batik Dalam Tampilan Unik

Puji Astuti Official Writer
3883

Batik menjadi booming pada tahun 2008 ini, dari mulai kebaya,baju, kemeja bahkan berbagai asesoris pun kalau bisa menggunakan corak batik. Hal ini menjadi sebuah angin segar bagi berbagai karya kerajinan yang ada di Indonesia. Karena dengan naiknya pamor batik di masyarakat, hal itu menunjukkan mulai adanya kecintaan masyarakat kepada kebudayaan Indonesia.

Pada rubrik Investasi kali ini, Jawaban.com mengangkat salah satu karya unik dari Semarang yang menggunakan bahan dasar kain-kain sisa atau lebih dikenal dengan kain perca batik.

Leni Indah Mangiri (31), terinspirasi untuk menciptakan sebuah tas belanja yang ramah lingkungan. Karena saat ini, jika orang berbelanja lebih sering membawa barang belanjaannya dengan tas plastik. Seperti yang kita ketahui, kantong plastic ini sangat sulit diurai dalam tanah, sekalipun masih bisa didaur ulang.

Namun dengan menggunakan karya Leni ini, Anda bisa membuat perubahan. "Kalau tas plastik biasanya sekali pakai langsung buang, tapi kalau tas perca ini selain praktis juga bisa dipakai berulang-ulang."

Bermula dengan meneruskan usaha yang dipegang ibunya pada 5 tahun lalu, Leni mulai mewujudkan idenya hanya dengan modal dari ayahnya sebesar 2,5 juta. Leni mencoba mengembangkan usaha keluarganya yang memproduksi bedcover dari kain-kain perca tersebut. Dengan inovasi tas praktis nan cantik-nya itu, Leni berhasil membawa usahanya untuk menembus pasar internasional.

Tas lipat multifungsi ini memiliki kelebihan tersendiri. Produk hasil buatan Dahlia-Art ini tidak hanya berfungsi sebagai tas jinjing ukuran 50X30 cm, tetapi jika sedang tidak digunakan dapat dilipat menjadi ukuran 15X15 cm sehingga sangat praktis untuk dibawa kemanapun. Selain itu,  dalam ukuran kecil tersebut, dapat difungsikan sebagai dompet batik yang unik.

Dengan harga yang cukup bersaing di pasaran membuat produk unik dari usaha Leni ini dapat bertahan ditengah kerasnya persaingan usaha saat ini. Leni membandrol tas ini dengan harga hanya Rp. 35.000.-, dan bila pembelian diatas 100 pieces maka akan mendapatkan diskon sebesar 5%.

Hebatnya, menurut pengakuan Leni saat ini pesanan lebih banyak datang dari luar negeri, seperti Jerman, Belanda, Italia, Perancis, dan juga dari negara tetangga Singapura.

Anda lihat, kreativitas adalah sebuah investasi utama dalam kehidupan ini. Dengan kreativitas dan inovasi, Anda dapat menciptakan berbagai peluang usaha yang memiliki kemungkinan tak terbatas dalam menghasilkan uang. Diri Anda adalah aset penting pertama, modal, serta yang lainnya itu ada dinomor urut selanjutnya. Jadi apa lagi yang Anda tunggu untuk memulai menghasilkan investasi yang menguntungkan? Gali potensi diri Anda, dan jadikan diri Anda millader.

Sumber : Peluang Usaha/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami