Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun

Investment / 24 October 2008

Kalangan Sendiri

Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun

Lestari99 Official Writer
3212

Saat ini kita telah memasuki bulan-bulan menjelang akhir tahun dan sudah saatnya kami mengajak Anda untuk bicara mengenai liburan. Kenapa? Alasannya sederhana saja, karena memang akhir tahun adalah saatnya bagi Anda untuk refreshing dan keluar dari segala rutinitas kerja yang membosankan. Ayolah, masak Anda kerja terus? Sekali-sekali liburan, dong. Ajak suami dan anak. Paling enggak, Anda harus refreshing, kan?

Nah, kalau mau liburan, Anda sudah ada uangnya belum? Mumpung ini masih akhir bulan Oktober, siapin deh uangnya dari sekarang. Tapi jangan lupa, tidak hanya uang lho yang harus Anda siapkan, tapi juga penempatannya. Lalu sekarang, apa yang harus Anda lakukan kalau memang ingin pergi berlibur pada akhir tahun nanti?

1. Tentukan kemana Anda ingin pergi berlibur

Ya, kemana Anda akan berlibur biasanya akan menentukan berapa jumlah uang yang harus Anda keluarkan. Iya dong, pergi ke luar negeri beda harganya dengan kalau Anda pergi ke dalam negeri. Pergi ke dalam negeri pun tujuannya juga macam-macam dan harganya tentu beda-beda.

Satu lagi, kalau bisa pilihlah tempat liburan yang memang sesuai dengan karakter Anda. Kalau Anda suka gunung, carilah tempat liburan yang memang memiliki banyak bukit dan gunung. Kalau Anda suka pantai, banyak tempat liburan di Indonesia yang juga memiliki pantai-pantai indah. Dan jangan lupa, kesukaan Anda dan kesukaan suami akan tempat liburan belum tentu sama, lho. Begitu juga dengan kesukaan anak Anda. Wah, pilihan mereka bisa beda dengan kemauan Anda. Jadi, pastikan bahwa tempat liburan yang Anda pilih itu memang sesuai dengan karakter Anda dan keluarga, agar uang Anda juga tidak terbuang percuma.

2. Siapkan uangnya

Sekarang, siapkan uangnya dan hitung berapa yang kira-kira Anda butuhkan untuk membiayai liburan tersebut. Dalam salah satu artikel, saya pernah mengatakan bahwa ketika Anda pergi berlibur, ada 5 pos yang umumnya harus Anda persiapkan.

Pertama pos biaya transportasi (pada kebanyakan tujuan, harga pesawat dan kereta api biasanya berbeda), kedua pos biaya akomodasi (kalau Anda menginap di hotel pasti beda harganya dengan kalau Anda menginap di rumah saudara), ketiga adalah pos biaya makan dan minum selama liburan (mahal tidaknya ini biasanya ditentukan dari dimana Anda makan dan minum), keempat adalah pos biaya berkunjung ke obyek wisata (beda obyek wisata, beda pula harganya) dan kelima adalah pos biaya untuk pembelian oleh-oleh.

Nah, kalau lima hal itu bisa Anda perkirakan dengan baik, tidak sulit kan menyiapkan uangnya? Jangan sampai Anda punya uangnya, tapi karena tidak memperkirakan terlebih dahulu pos-posnya, Anda malah mengeluarkan uang jauh lebih banyak daripada seharusnya.

3. Beli tiketnya dari sekarang

Anda tahu tidak apa bedanya beli tiket sekarang atau nanti? Banyak. Kalau Anda beli tiketnya dari sekarang, Anda mendapatkan kepastian. Mau pesawatnya penuh, Anda sudah dapat kursi. Mau keretanya penuh, Anda juga sudah dapat kursi.

Tapi kalau Anda pesannya nanti, tidak ada yang jamin tiket itu masih ada atau tidak. Kalaupun ada, bisa-bisa harganya mahal. Ujung-ujungnya, Anda rugi kan?

Saya tahu, beli tiket dari sekarang memang tidak enak. Anda seperti terikat. Iya kan? Tapi coba deh pikirkan baik-baik secara obyektif, mungkin tidak ada ada hal yang sangat darurat sampai Anda harus memundurkan tanggal liburan Anda atau bahkan membatalkan liburan itu? Kira-kira saja. Nah, kalau memang tidak ada, beli sekarang saja. Daripada ujung-ujungnya Anda harus bayar mahal juga untuk tiket yang sama.

Nah, mudah-mudahan tips di atas tadi bisa membantu Anda menjadi lebih baik dalam merencanakan keuangan untuk liburan Anda akhir tahun ini. Ayolah, jangan kerja terus. Liburan itu perlu, lho.

Sumber : Safir Senduk / Perencana Keuangan
Halaman :
1

Ikuti Kami