Bush Ajak Pemimpin Dunia Pikirkan Krisis

Nasional / 20 October 2008

Kalangan Sendiri

Bush Ajak Pemimpin Dunia Pikirkan Krisis

Tammy Official Writer
3598
Presiden AS George W. Bush akan menjamu sebuah konferensi internasional yang ditujukan guna membahas cara memperbaiki sistem keuangan dunia. Upaya ini dilakukan saat Bush berupaya mencari jawaban bagi kondisi darurat ekonomi global pada saat masa jabatannya itu akan berakhir dalam waktu 3 bulan lagi.

"Kami akan berupaya memperkuat dan memodernisasi sistem keuangan dunia agar kami dapat menjamin krisis ini tak akan terjadi lagi," kata Bush dari lokasi peristirahatan presiden AS Camp David. Bush yang mengadakan pertemuan dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso tak mengumumkan tanggal atau lokasi konferensi tersebut.

Namun, Sarkozy mengisyaratkan konferensi itu kemungkinan diadakan sebelum penghujung November mendatang. "Sejauh ini krisis tersebut bermula di New York, jadi solusi global terhadap krisis itu harus ditemukan di New York," kata Sarkozy yang mencoba menjelaskan lokasi konferensi.

Dalam pernyataan gabungan yang dikeluarkan setelah terlibat perundingan lebih dari 2 setengah jam, ketiga pemimpin negara menyampaikan rencana menghubungi sejumlah pemimpin negara lain pekan depan untuk hadir dalan konferensi yang akan digelar di AS tak berapa lama setelah pemilihan presiden di AS. Konferensi itu akan diikuti oleh sejumlah pertemuan yang diarahkan untuk mencari jawaban dari sejumlah tantangan yang dihadapi ekonomi global.

Bush telah menyampaikan dukungan yang diambil oleh negara-negara Eropa untuk membenahi bursa keuangan. Presiden AS ini juga bersedia mendengarkan sejumlah pemikiran baik dari negara-negara maju maupun berkembang di bidang tersebut. Namun, Bush belum menunjukkan ambisi dan langkah yang lebih luas dibandingkan beberapa pemimpin Eropa lainnya guna menghindari terulangnya krisis keuangan yang melumpuhkan sistem ekonomi dunia.


Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami