Usaha Rumahan Prospek Gedongan

Investment / 18 October 2008

Kalangan Sendiri

Usaha Rumahan Prospek Gedongan

Puji Astuti Official Writer
6879

Menjadi pengusaha sukses tidaklah harus punya modal besar dulu ataupun punya showroom dan outlet di mal. Ternyata usaha yang dimulai dirumah atau garasi bisa menjadi sebuah usaha yang besar juga. Kuncinya adalah kreatif, inovatif, kerja keras dan tekun.

Jika menengok kebelakang, sebuah toko online terbesar saat ini, yaitu Amazon.com dimulai oleh pemiliknya digarasi rumahnya. Hari-hari inipun banyak usaha rumahan yang mencapai kesuksesan. Produk-produk home industri seperti handuk karakter, tudung saji, dan tutup gelas berbahan satin banyak diminati dan memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Melihat hal ini, tak heran jika usaha rumahan saat ini menjamur dimana-mana. Banyak ide-ide kreatif yang muncul, apa lagi saat ini pemerintah mendukung hal ini dengan adanya kredit UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam pengadaan dana.

"Produk-produk kerajinan rumahan kreatif ini sangat disukai pasar karena biasanya produk tersebut memiliki keunikan yang khas, dan eksklusif alias tidak pasaran," demikian jelas Ambar Tjahjono, ketua Asosiasi Permebelan dan Kerajinan Indonesia.

Untuk menghasilkan sebuah bisnis rumahan yang sukses, berikut beberapa hal yang harus Anda cermati.

Ciptakan produk yang unik. Ide adalah sebuah kekuatan penting dalam menghasilkan sebuah produk. Untuk itu dalam sebuah usaha kerajinan, dibutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk menghasilkan produk-produk yang akan membuat produk Anda memenangkan pasar.

Mudah dipelajari. Yang membuat usaha ini terus menggeliat dan menunjukkan adanya gairah kehidupan usaha adalah untuk memulai usaha ini tidak dibutuhkan keahlian yang sangat rumit atau spesifik. Singkatnya, sebenarnya usaha ini adalah usaha yang bisa dipelajari secara otodidak.Usaha inipun bisa bermula dari hobi, sekedar iseng atupun karena tuntutan kebutuhan.

Tidak butuh modal besar. Contohnya adalah pengalaman dari Indah Andayani yang memulai usahanya dari modal sebesar Rp. 250 ribu rupiah.  Pemilik Banna Craft ini menghasilkan tudung saji yang sekarang penjualannya sudah masuk ke berbagai mal.

Strategi marketing yang kuat. Ujung tombak sebuah usaha adalah promosi. Untuk itu, sekalipun usaha rumahan, strategi marketing tetap perlu dipikirkan dengan serius. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai pameran dan juga bazaar. Selain itu, berbagai situs iklan gratis bisa dioptimalkan sebagai media promosi.

Tahukah Anda bahwa usaha rumahan ini dapat memberikan keuntungan sebesar 50%? Dengan keuntungan sebesar itu, usaha rumahan sangat prospektif untuk ditekuni karena sangat menjanjikan.

Apapun usaha yang Anda pilih, ingatlah bahwa dari semua strategi itu, yang terpenting adalah menyertakan Tuhan dalam setiap langkah yang Anda pilih, bekerja keras dan tekun. Jika Anda tidak pernah menyerah pada kegagalan, pada akhirnya Anda akan mencapai kesuksesan. So, be smart and success!

Sumber : Tabloid Peluang Usaha/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami