Tenggang Waktu Menyimpan Makanan

Solusi Sehat / 14 October 2008

Kalangan Sendiri

Tenggang Waktu Menyimpan Makanan

Lestari99 Official Writer
11843

Seberapa sering Anda membersihkan kulkas atau lemari simpan Anda? Banyak orang yang menyimpan berbagai jenis makanan sampai berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun di dalam lemari, kulkas atau freezer. Berbahayakah bagi kesehatan? Tentu! Karena itu, mari kita perhatikan barang-barang penghuni lemari / kulkas kita, dan buang barang yang sudah waktunya pensiun.

Kualitas makanan yang disimpan sangat dipengaruhi oleh udara, kelembaban, panas dan waktu. Makin lama disimpan tentu makin berkemungkinan untuk basi dan tak lagi layak pakai. Ketika makanan mulai tak layak dikonsumsi, ia sudah kehilangan fungsi nutrisi, nilai, rasa dan bau yang baik. Jika di makanan Anda ada ‘tanggal kadaluwarsa'-nya, maka mudah saja untuk menyortirnya. Namun jika tidak ada, bagaimana Anda mengetahuinya?

Telur

Jika Anda meletakkannya di kulkas, maka paling aman disimpan selama 4-5 minggu. Lebih baik letakkan di dalam kulkas, bukan di pintunya. Pintu kulkas sedikit lebih hangat ketimbang bagian dalamnya.

Ikan

Jika diletakkan di kulkas, bisa tahan 1-2 hari, di freezer tahan sampai 4-6 bulan.

Daging Merah

Jika diletakkan di kulkas tahan 1-2 hari, di freezer sebaiknya hanya 3-4 bulan saja. Daging yang sudah dimasak dan kemudian disimpan dapat bertahan lebih lama ketimbang daging mentah, asal disimpan dengan benar.

Produk Unggas

 

Jika diletakkan di kulkas tahan sampai 1-2 hari. Di freezer bisa bertahan sampai 1 tahun.

Keju

Di kulkas, keju yang sudah dibuka bisa bertahan sampai 3-6 bulan. Itupun rasanya sudah mulai berubah.

Keripik

Di kulkas, keripik atau cemilan serupa bisa bertahan sampai 3 bulan.

Roti

Roti yang disimpan di kulkas bisa bertahan sampai 15 hari dan kemudian bisa dipanaskan kembali sebelum dikonsumsi.

Sereal Instant

Sereal instant bisa bertahan sampai 3 bulan di kulkas.

Pisang

Pisang yang disimpan di lemari bisa bertahan 3-6 hari sebelum busuk. Pisang bisa juga disimpan di dalam kulkas.

Apel

Buah yang satu ini bisa bertahan di lemari selama 6 bulan dalam kondisi baik.

Bawang

Bawang sebenarnya baik disimpan sampai 2 minggu saja. Tapi tampaknya banyak yang tak bermasalah dengan menyimpannya lebih lama.

Kentang

Kentang bisa disimpan sampai 1 bulan.

Saos Tomat

Saos tomat dalam kulkas bisa disimpan selama satu tahun saja.

Selai

Selai bisa disimpan dalam kulkas selama 1,5 tahun. Setelah itu, beli saja yang baru! Selai jauh lebih baik disimpan di kulkas ketimbang lemari dari segi rasa dan ketahanan.

Dan secara umum, sebaiknya makanan apapun tidak diletakkan langsung di bawah sinar matahari melainkan di tempat kering dengan suhu normal. Makanan yang diletakkan di dalam freezer, harus tertutup rapat dan kedap udara. Dan yang paling penting, beli makanan dengan kuantitas kecil saja supaya langsung dikonsumsi dan tidak perlu menyimpan dalam jumlah yang kebanyakan!

Sumber : healthtoday
Halaman :
1

Ikuti Kami