Jika Pasangan Anda Hobi Berutang

Investment / 10 October 2008

Kalangan Sendiri

Jika Pasangan Anda Hobi Berutang

Lestari99 Official Writer
2745

Punya pasangan yang bergaya hidup boros dan kerap terlilit utang memang sering kali membuat hati kesal. Satu-satunya cara, Anda harus menegurnya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menegur pasangan yang sering terlilit utang.

  • Yang perlu dilakukan pertama kali ketika menemui pasangan terlilit utang adalah berbicara. Memetakan permasalahan utang dan mengajaknya mencari cara untuk menyelesaikan masalah keuangan tersebut bisa menjadi menu pembicaraan yang pas dilakukan ketika pasangan mengeluh terlilit utang.
  • Cabut fasilitas kartu kredit, mungkin satu-satunya langkah ekstrem yang bisa diambil ketika biang masalah keuangan itu adalah penggunaan kartu kredit yang kurang bijaksana.
  • Jatah dengan memberi uang cash juga bisa dilakukan kemudian. Mungkin pada awalnya akan terkesan sadis, tetapi dengan begitu mau tidak mau pasangan akan menata kembali gaya hidup yang menjerumuskan dirinya pada utang-utang tersebut.
  • Membiarkan pasangan Anda merasakan akibat dari utang yang disebabkannya sendiri juga perlu dilakukan. Misalnya, dengan membiarkan satu per satu aset miliknya dijual untuk menutup beban utang. Dengan begitu ia akan menyadari kekeliruannya dan lebih bertanggung jawab dalam perilakunya kelak kemudian hari.
  • Mendampingi pasangan Anda pada aktivitas yang sering kali membuatnya menghambur-hamburkan uang, seperti nongkrong dan belanja, bisa saja dilakukan. Selain untuk mengamati perilaku pasangan dengan uang, juga untuk menjadi pengingat ketika ia akan melakukan kekeliruan.
  • Ajak ke penasihat keuangan ketika pasangan Anda benar-benar tidak bisa memahami letak kesalahan yang membuat ia terus bermasalah dengan utang.
Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami