Bosku Baik Sekali...

Career / 7 October 2008

Kalangan Sendiri

Bosku Baik Sekali...

Fifi Official Writer
5157

Perilaku para atasan kadangkala merupakan penyebab utama terjadinya ketidaknyamanan suasana di tempat kerja. Secara garis besar, sebenarnya ada dua hal yang diharapkan bawahan dari atasannya, yakni panduan keahlian dan kepemimpinan. Yuni Lasti Faulinda, konsultan SDM dari EXPERD, menjelaskan setidaknya ada 10 kriteria dasar yang harus dimiliki seorang pimpinan yang efektif sekaligus dicintai oleh bawahan.

Bersikap Adil
Atasan dituntut mampu menilai dengan objektif kelebihan dan kekurangan bawahannya.
Nasihat tokoh terkenal: Pemimpin bukanlah seorang administrator yang suka mengatur orang lain, tetapi seseorang yang mau memberikan bantuan dan dukungan pada anak buahnya, sehingga mereka bisa mengerjakan tugasnya. (Robert Townsend, pengusaha dan penulis buku "Reinventing Leadership").

Mampu Mendelegasikan Tugas
Jangan mengerjakan semuanya sendiri. Delegasikan tugas-tugas kepada bawahan secara proporsional.
Nasihat tokoh terkenal: Delegasikan otoritas kepada bawahan, dan jangan ikut campur selama kebijakan yang Anda putuskan telah mereka laksanakan. (Ronald Reagan, mantan Presiden AS).

Mempercayai Bawahannya
Nasihat tokoh terkenal: Atasan yang baik mampu membuat anak buahnya tahu bahwa mereka memiliki kemampuan lebih dari yang mereka bayangkan. (Charles Erwin Wilson, mantan CEO General Motors, mantan Menteri Pertahanan AS tahun 1953).

Mau Mendengarkan
Atasan yang baik harus tahu kapan mesti bertanya kepada bawahan, dan kapan harus mengikuti saran yang diajukan bawahannya.
Nasihat tokoh terkenal: Bawahan yang sanggup mengatakan kebenaran dan pemimpin yang mau mendengarkannya adalah kombinasi yang hebat. (Warren G. Bennis, penulis dan ahli ilmu sosial dari University of Southern California).

Berani Mengambil Tanggung Jawab
Saat satu tugas atau pekerjaan tidak berjalan dengan semestinya, seorang atasan yang baik akan mengambil tanggung jawab atas apa yang terjadi, dan melakukan perbaikan.
Nasihat tokoh terkenal: Bersiaplah untuk membuat keputusan. Itulah kualitas terpenting dari seorang pemimpin yang baik. (Jend. George S. Patton, Jenderal AS pada perang dunia I dan II).

Tidak Menerima Semua Pujian untuk Dirinya Sendiri
Akui bahwa keberhasilan yang dicapai adalah hasil kerja sama tim, dan tidak menerima semua pujian untuk dirinya sendiri.
Nasihat tokoh terkenal: Seseorang yang ingin mengerjakan semua pekerjaan demi mendapatkan pujian untuk dirinya sendiri, bukanlah seorang pemimpin yang baik. (Andrew Carnergie, industrialis dan filantropis dari Amerika Serikat).

Beri Contoh
Atasan yang baik harus mampu memimpin dengan memberi contoh.
Nasihat tokoh terkenal: Jika tindakan Anda memberi inspirasi pada orang lain untuk bercita-cita lebih tinggi, berbuat lebih banyak, belajar lebih dalam, maka Anda adalah seorang pemimpin. (John Quincy Adams, Presiden AS ke 6).

Mampu Mengenali dan Mengembangkan Potensi Bawahan
Berikan kesempatan bagi bawahan Anda untuk tampil dan menunjukkan potensinya.
Nasihat tokoh terkenal: Kepemimpinan adalah membebaskan anak buah untuk melakukan apa yang harus mereka lakukan dengan cara semanusiawi dan seefektif mungkin. (Max Depree, penulis buku "Leadership is an Art" dan "Leading Without Power").

Mau Memperjuangkan Kepentingan Bawahan
Cobalah bertindak sebagai mediator antara perusahaan dan bawahan Anda.
Nasihat tokoh terkenal: Untuk menjadi seorang pemimpin, berjalanlah (berikan dukungan) di belakang mereka.

Memberi Tugas Sesuai Kapasitas Bawahan
Untuk mencapai hasil maksimal, berikan tugas sesuai kemampuan bawahan.
Nasihat tokoh terkenal: Pemimpin yang baik dapat memotivasi bawahannya untuk melakukan tugas apapun, sehingga bawahan bisa mencapai target yang ditentukan. (Tom Landry, atlet dan pelatih rugby di Liga NFL, AS).

Sumber : femina
Halaman :
1

Ikuti Kami