Hindari Makanan Pedas Saat Makan Malam!

Info Sehat / 7 October 2008

Kalangan Sendiri

Hindari Makanan Pedas Saat Makan Malam!

Lestari99 Official Writer
7197

\"\"Tubuh Anda terasa sangat lelah dan berencana ingin tidur pulas malam ini? Kalau begitu, hindari makan makanan pedas pada santap malam Anda nanti. Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh periset dari Australia berhasil mengungkapkan bahwa makanan pedas pada santap malam berpotensi membuat tidur seseorang menjadi kurang nyaman dan tidak berkualitas.

Hasil penelitian yang telah dimuat The International Journal of Psychophysiology ini melibatkan dua kelompok orang usia muda yang sehat yang terdiri dari responden laki-laki dan perempuan.

Satu kelompok diminta menyantap makanan dibubuhi saus Tabasco dan mustard sesaat sebelum tidur malam, sedangkan kelompok lainnya menyantap makan malam tanpa pedas sedikitpun. Para responden dalam dua kelompok ini kemudian dicatat ritme tidurnya. Hasilnya, kelompok pertama yang menyantap makanan pedas sebelum tidur terbukti mengalami aneka gangguan tidur seperti sulit tidur dan sulit bangun di pagi hari. Tak hanya itu tidurnyapun juga kurang nyenyak. Ini artinya, kualitas tidur mereka sangatlah buruk jika dibandingkan dengan responden di kelompok kedua. Menurut para peneliti, selain gangguan pencernaan, makanan pedas juga dapat menaikkan suhu tubuh mereka. Hal inilah yang dicurigai sebagai penyebab tidur kurang nyenyak dan tidak berkualitas.

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami