Bunga Buat Hati Bahagia

Psikologi / 6 October 2008

Kalangan Sendiri

Bunga Buat Hati Bahagia

Puji Astuti Official Writer
4710

Hasil penelitian terbaru yang dikerjakan oleh Nancy Etcoff, Ph.D., seorang psikolog dari  Harvard Medical School, menemukan bahwa bunga segar ternyata mempengaruhi perilaku seseorang, serta meminimalkan kecemasan dan membuat seseorang menjadi lebih relaks.

"Kami menemukan bahwa orang merasa lebih bahagia saat berada di dekat bunga," kata Nancy. Bersama tim peneliti yang dinamakan Home Ecology of Flowers study, Nancy mengamati perubahan perilaku 250 orang responden yang terdiri atas perempuan dan laki-laki sebelum dan setelah rumah mereka dihiasi bunga segar selama sebulan. 

  • "Kesimpulan penelitian ini adalah orang yang menghias rumahnya dengan bunga memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang sangat rendah," kata Nancy. Secara detail hasil penelitian itu, adalahBunga memicu suasana hati yang positif. Para responden penelitian yang dihiasi rumahnya dengan bunga paling tidak seminggu, merasa lebih gembira dan bersikap lebih ramah.
  • Bunga dapat menghilangkan kecemasan dan ketegangan. Secara keseluruhan, pada responden penelitian mengalami penurunan emosi negatif beberapa hari setelah rumah mereka dihiasi bunga. Umumnya para responden meletakkan bunga di dapur, ruang makan, dan ruang tamu. Di ruang inilah mereka menghabiskan lebih banyak waktu. Mereka dikabarkan cenderung ingin melihat bunga sesaat setelah bangun pagi.
  • Bunga bisa meningkatkan energi, kebahagiaan dan antusiasme bekerja. Menghias rumah dengan bunga segar dapat menciptakan dampak positif terhadap dorongan berkarya. Tim peneliti menemukan bahwa setelah rumahnya dihiasi bunga, pada minggu keempat responden penelitian cenderung merasa bahagia dan lebih bersemangat saat berangkat bekerja.

"Terbukti bahwa bunga memiliki dampak positif bagi kesehatan psikologis seseorang. Penelitian perlu kami teruskan untuk mendapatkan data berapa lama pengaruh bunga menetap pada seseorang," ujarnya memberi penjelasan.

Jadi tidak heran bukan, jika orang seringkali memberi hadiah bunga kepada orang yang dicintainya. Selain itu sebagai perlambang kasih, terbukti juga mempengaruhi mood orang yang menerimanya. Nah, kali ini jangan hanya memberi orang lain bunga. Terkadang, Anda perlu juga memberi diri Anda sendiri hadiah bunga yang Anda sukai.

Sumber : Berbagai Sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami