Traces of Hope, Menebar Harapan Di Rwanda

Entertainment / 6 October 2008

Kalangan Sendiri

Traces of Hope, Menebar Harapan Di Rwanda

Puji Astuti Official Writer
2974

Palang merah Inggris meluncurkan sebuah permainan online tentang korban perang dan bagaimana pemberian pertolongan bagi pengungsi anak anak Uganda menemukan ibunya.

Palang Merah Inggris adalah yayasan pertama yang meluncurkan Permainan Realita Alternatif, ARG, yang menempatkan berbagai petunjuk pada sejumlah situs internet.

Jejak Harapan bertujuan mengajak orang bermain dalam game persaingan gaya pencarian harta karun dan ketrampilan penyelidikan.

Permainan tersebut memiliki setting latar belakang tempat di Uganda utara, dimana pemberontakan selama 20 tahun membuat dua juta orang harus mengungsi.

Begitu tiba di sebuah kam pengungsian "Kota Harapan", Joseph yang berusia 16 tahun mempunyai waktu 24 jam untuk menemukan petugas Palang Merah yang kemungkinan memiliki informasi tentang ibunya. Palang Merah disini bekerja untuk menggabungkan keluarga yang terpisah karena konflik.

Setelah menyatakan diri ingin ikut dalam game tersebut para pemain harus menunggu Joseph menghubungi mereka guna memberitahu informasi tentang keadaannya.

Perancang permainan mengatakan mereka menempatkan petunjuk dan jalan keluar di internet untuk mengaburkan batas antara permainan dan dunia nyata.

Permainan ini ditulis salah satu pembuat seri permainan online terbesar Inggris, Kate Modern.

Hal seperti ini perlu dilakukan, mengingat banyak orang yang sudah begitu terpaku dengan internet, melalui game ini banyak orang dapat digugah kepeduliaannya terhadap apa yang dilakukan oleh palang merah. Hal kreatif seperti ini, sepertinya perlu diikuti oleh organisasi kemanusiaan yang lain.

Sumber : BBC.com
Halaman :
1

Ikuti Kami