Debat Obama-McCain, Tak Ada yang Menang

Nasional / 28 September 2008

Kalangan Sendiri

Debat Obama-McCain, Tak Ada yang Menang

Tammy Official Writer
4126
Kandidat Presiden Partai Demokrat Barak Obama dan saingannya dari Republik John McCain, Jumat, mengemukakan beragam persoalan menyangkut anggaran belanja, pajak, dan perang Irak, dan saling bertanya pendapat masing-masing dan kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah besar yang dihadapi AS.

McCain (72) menanyakan pada termin pertama kesiapan Senator Obama itu untuk memimpin Gedung Putih.

"Saya secara jujur tidak yakin bahwa Senator Obama memiliki pengetahuan atau pengalaman, dan ia memiliki pendapat yang salah dalam sejumlah masalah," kata Senator Arizona itu.

Obama (47) secara berulang-ulang mengaitkan McCain dengan kebijakan-kebijakan tak populer Presiden dari Partai Republik, George W Bush, dan mengatakan kedua tokoh itu terlalu memusatkan perhatian pada perang Irak, sementara menyepelekan problem lain.

"Presiden mendatang harus memiliki visi strategi lebih luas tentang semua tantangan yang kita hadapi," katanya.

Tak satupun calon menampakkan kemenangan nyata dalam debat di Universitas Mississippi itu.

Debat antara para kandidat wakil presiden, yaitu Gubernur Alaska Sarah Palin dari Republik dan Senator Delawar Joe Biden dari Demokrat, akan diadakan pada Kamis depan.

"Saya berharap saya telah membuat Anda bangga malam ini," kata McCain kepada pendukungnya yang girang dalam suatu pertemuan kecil setelah debat.

Ia segera kembali ke Washington untuk mengambil bagian dalam perundingan mengenai paket pemberian jaminan bagi industri keuangan AS.

Keduanya, McCain dan Obama, mengatakan mereka optimistis Kongres akan menaikkan rencana penyelamatan sebesar 700 miliar dolar, dan sepakat mengenai penyediaan dana besar untuk memenuhi agenda mereka sebagai presiden mendatang.


Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami