Investasi Tanpa Modal Ditangan

Investment / 27 September 2008

Kalangan Sendiri

Investasi Tanpa Modal Ditangan

Puji Astuti Official Writer
3215

Investasi tanpa modal, mungkinkah? Jika kita bicara mengenai investasi, sepertinya hal ini sesuatu yang mustahil. Banyak orang berpikir bahwa investasi itu prinsipnya seperti orang yang sedang memancing ikan. Untuk mendapat ikan besar, ya umpannya harus besar juga. Minimal kalau mau dapat ikan, harus punya umpan. Nah, kalau tidak punya umpan, mana mungkin ikan akan menghampiri kail?

Untuk bisa berinvestasi tanpa modal, Anda harus memahami bahwa prinsip investasi adalah mengenai mengenali pintu-pintu peluang yang terbuka. Seorang pengusaha yang sukses bukanlah orang yang punya modal besar, tapi dia yang bisa menggunakan pintu peluang yang terbuka.

Jika saya melihat peluang, tapi saya tidak memiliki modal, bagaimana caranya saya bisa berinvestasi? Jawabannya adalah sebagai berikut:

OPM - Other People's Money (Uang orang lain). Untuk memulai sebuah usaha atau investasi yang berpotensi menghasilkan keuntungan, Anda bisa menggunakan uang orang lain, dalam hal ini kita bisa sebut investor. Memang tidak mudah menemukan investor yang berani menaruh kepercayaan untuk memberikan uangnya kita olah, namun jika Anda bisa menyajikan sebuah gambaran yang menyakinkan bahwa usaha Anda berpotensi dalam menghasilkan keuntungan, pastinya akan ada orang-orang yang mau berinvestasi.

Pinjaman Tanpa Anggunan - Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah meminjam pada institusi seperti bank. Saat ini banyak bank yang menawarkan kredit tanpa anggunan dengan jumlah yang terbilang lumayan besar. Hal ini Anda dapat pelajari berdasarkan kondisi dan persyaratan masing-masing bank. Sekalipun mungkin bunga kredit yang diberikan terbilang cukup lumayan, namun jika usaha yang Anda lakukan cukup menjanjikan maka resiko tersebut bisa diambil.

OPM - Other People Work (Hasil Kerja Orang Lain). Disini peran Anda hanyalah sebagai penyalur dimana orang menitipkan barang untuk Anda jual. Jika Anda menjadi seorang penjual atau sales yang terpercaya, dipastikan ada banyak produsen yang akan antri meminta Anda menjualkan produk mereka.

OTS - Other People's Time. Terkadang ada individu yang memberikan waktunya secara sukarela dalam keadaan tertentu, tetapi kebanyakan akan menjual waktunya, talentanya, koneksinya, dan sumber-sumber daya yang dimilikinya dengan harga yang relative tidak terlalu mahal. Untuk itu, Anda memerlukan seni berkomunikasi untuk bisa meminta bantuan orang-orang tertentu ini, untuk bisa memakai kemampuan mereka. Pastinya hal ini tidak pernah gratis, namun Anda bisa melakukan dengan perjanjian tertentu dimana pembayaran didapat diwaktu kedepan.

Anda lihat bukan, bahwa ada banyak cara dimana Anda bisa memulai berinvestasi atau memulai sebuah usaha bahkan saat Anda tidak memiliki modal sedikitpun. Modal tidaklah selalu dalam bentuk materi, namun yang terpenting adalah karakter. Jika Anda adalah pribadi yang dapat dipercaya, jujur dan memiliki integritas, pasti akan banyak peluang yang terbuka bagi Anda, terlebih lagi jika Anda melibatkan Tuhan dalam segala sesuatu yang Anda lakukan. Ingat bahwa Tuhanlah pemilik langit dan bumi ini, jadi jika Anda perlu modal, Anda bisa meminta kepada-Nya. Maka pada waktu yang tepat, Dia bisa memakai siapapun yang Dia mau untuk dapat menolong Anda. Jadi, tetap semangat dan sukses...!

Sumber : The One Minute Millionaire, Mark Victor Hansen/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami