Resesi AS: John McCain Tangguhkan Debat Capres

Resesi AS: John McCain Tangguhkan Debat Capres

Tammy Official Writer
4094
Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik John McCain meminta debat pertama capres dengan pesaingnya dari Partai Demokrat, Barack Obama, ditangguhkan dengan alasan ia mau membantu proses negosiasi rencana penyelamatan finansial. Tetapi, kubu Obama menolak penangguhan itu karena melalui perdebatan justru para pemilih bisa menimbang apakah program yang ditawarkan setiap capres bisa membawa perbaikan ekonomi yang sesungguhnya.
 
McCain, Rabu (24/9), mengumumkan akan menangguhkan jadwal kampanyenya, menarik iklan di televisi, menghentikan acara penggalangan dana dan terbang ke Washington guna membantu negosiasi rencana pemberian bantuan US$ 700 miliar.
 
"Kita mesti bertemu sebagai warga negara AS, bukan sebagai Demokrat atau Republik. Kita harus bertemu sampai krisis ini selesai," ujar McCain.
 
Penundaan itu dilontarkan ketika Presiden George W. Bush mengakui saat ini AS berada dalam krisis finansial serius. Bush sedang berupaya meyakinkan rakyat untuk menyetujui rencana paket bantuan finansial sebesar US$ 700 miliar. "Kita berada di tengah krisis finansial yang serius dan pemerintah federal meresponsnya dengan langkah yang tepat," ujar Bush.
 
Ia mengingatkan, pasar tidak berfungsi secara memadai, ketidakpercayaan meluas, sektor utama dalam risiko besar, bertambah banyak bank yang akan rontok, dan ini menjadi potensi melayangkan pesan bahwa ekonomi AS dalam resesi.
 
Bush juga menelepon Obama untuk mengikuti rapat di Gedung Putih dengan McCain dan pimpinan Kongres guna membahas rencana penjaminan US$ 700 miliar itu. Keduanya mengeluarkan pernyataan bersama bahwa kini waktunya untuk melampaui kepentingan politik demi negara.
 
Namun, Obama menekankan bahwa tidak ada alasan untuk menunda debat pertama yang dijadwalkan di Oxford, Mississippi. "Bagian dari tugas presiden adalah menghadapi lebih dari satu persoalan pada saat bersamaan. Yang akan saya lakukan adalah melaksanakan perdebatan Jumat," tukas Obama di Clearwater, Florida.
 
\"JohnNamun, penasihat senior McCain memastikan, McCain tidak akan datang pada debat Jumat kecuali dicapai kesepakatan Kongres dan pemerintahan Bush.

Keputusan McCain sangat mengejutkan. Penangguhan itu dinilai sebagai manuver politik untuk mengalihkan masalah karena dalam jajak pendapat terlihat publik lebih percaya pada Obama untuk membawa AS keluar dari krisis ekonomi ini.

Isu Utama

Sementara itu, di saat rakyat AS gelisah melihat ambruknya lembaga-lembaga finansial Wall Street, masalah ekonomi menanjak menjadi isu utama dalam pertarungan Obama dan McCain.
 
Hampir 60 persen responden mengatakan khawatir dengan situasi ini dan 77 persen menilai AS sudah dalam resesi, 75 persen merasa AS menyongsong hal terburuk.

Sumber : suarapembaruan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami