Panggilan: Bukan Sekedar Pekerjaan

Career / 26 September 2008

Kalangan Sendiri

Panggilan: Bukan Sekedar Pekerjaan

Fifi Official Writer
4244

Bill menarik napas panjang, lalu berkata pada istrinya bahwa dia ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai manajer regional retail. "Sayang," katanya, "Aku sudah bekerja untuk perusahaan ini selama 15 tahun dan aku mendapat gaji yang lebih dari cukup. Kita bisa membeli hampir apapun yang kita mau. Tapi... aku pikir aku tidak bisa lagi menahan stress dan juga jam kerja yang panjang. Aku sadar bahwa aku bukan hanya telah mengorbankan kesehatanku, tapi juga waktuku bersamamu dan anak-anak, untuk suatu pekerjaan yang aku pikir tidak begitu penting. Kesuksesan itu ternyata tidak seperti apa yang aku kira sebelumnya. Aku perlu mencari tahu apa yang Tuhan sebenarnya mau aku lakukan..."

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasa terjebak dalam suatu pekerjaan yang menyediakan gaji yang tinggi, tapi sangat rendah dalam hal-hal lainnya? Apakah bakat atau talenta Anda dan hal-hal yang Anda sukai harus dikesampingkan saat Anda sedang bekerja? Apakah pekerjaan Anda kurang terasa berarti bagi Anda dan tidak mempunyai tujuan yang jelas? Apakah Anda sudah mencapai satu titik dalam hidup Anda dimana Anda tahu bahwa apa yang Anda sedang lakukan itu tidak cukup? Jika ya, Tuhan mungkin sedang memberitahukan pada Anda bahwa ini waktunya untuk menemukan panggilan Anda daripada hanya bertahan atau berpindah pada sebuah pekerjaan lainnya.

Jika Anda merasa perlu melakukan sesuatu yang berbeda dalam hidup Anda, Anda mungkin mengalami dorongan energi untuk melakukan sesuatu. Seperti kebanyakan orang lain, Anda mungkin "sibuk" melakukan semua yang Anda tahu untuk mendapatkan pekerjaan baru. Mungkin Anda sering melihat lowongan kerja di internet, bertanya pada orang lain apa saran mereka tentang pekerjaan yang akan cocok dengan Anda, melihat semua kesempatan yang datang di depan Anda, dan mungkin juga mencoba satu pekerjaan, atau beberapa pekerjaan, untuk melihat mana yang paling cocok.

Kita sudah melihat bahwa saat orang mengambil tindakan acak tanpa rencana yang baik, mereka sering menemukan diri mereka menjadi bingung, bergerak tanpa arah, dan akhirnya patah semangat. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan jika Anda percaya bahwa Anda diciptakan untuk melakukan sesuatu yang lebih dengan hidup Anda? Inilah langkah-langkah untuk menemukan pekerjaan dimana Anda memang diciptakan untuk melakukannya.

Ketahuilah bahwa Anda perlu berdoa.

Menemukan panggilan Anda adalah kerjasama Anda dan Tuhan. Meskipun Tuhan memang mampu untuk memimpin Anda secara supranatural kepada pekerjaan yang tepat, Dia biasanya tidak memilih untuk bekerja dengan cara itu. Tuhan tidak akan melakukan bagian yang Dia ingin Anda lakukan untuk diri Anda sendiri. Iman, kepercayaan, dan kedewasaan Anda akan semakin dalam dan bertumbuh seiring dengan kemauan Anda untuk mengambil resiko dengan bertindak. Proses dari melakukan tindakan itulah yang membentuk Anda menjadi seseorang yang Tuhan inginkan untuk sebuah misi yang telah Dia pilih khusus untuk Anda.

Perhatikan talenta, bakat, dan kemampuan Anda.

Kemampuan apa yang denga mudah Anda dapatkan dan yang membuat Anda senang (bisa menikmati) saat Anda menggunakan kemampuan itu? Apa yang membuat Anda tertarik? Apa yang dibutuhkan orang-orang yang membuat Anda berpikir, "Aku ingin melakukan sesuatu tentang itu"? Anda adalah hasil karya Tuhan, diciptakan untuk melakukan perbuatan baik, yang telah Tuhan siapkan bagi Anda untuk dilakukan (Ef 2:10). Mengidentifikasi talenta dan ketertarikan Anda adalah bagian yang sangat mendasar dalam menemukan untuk apa uhan menciptakan Anda dan apa yang seharusnya Anda lakukan dalam hidup Anda.

Perbesar visi Anda mengenai bagaimana Tuhan bisa menggunakan talenta dan kemampuan Anda di dunia.  

Kebanyakan orang mempunyai mimpi yang terlalu kecil untuk hidup mereka. Target-target mereka dibatasi oleh kurangnya visi, ketakutan, dan kekuatiran sehari-hari. Apa yang mau Anda lakukan dengan hidup Anda jika kesuksesan adalah sebuah jaminan pasti? Uhan memanggil kita untuk mengambil bagian dan peranan dalam hidup kita yang memang tidak bisa kita selesaikan sendirian, agar kita bisa melihat kuasaNya turut bekerja bersama kita.

Mulailah bertindak!

Sekali Anda sudah membuat keputusan dengan doa dan alasan yang jelas tentang arah karir Anda, tulislah rencana yang realistis langkah demi langkah, dan mulailah berjalan keluar dari zona nyaman Anda. Hidup Anda tidak akan berubah sampai Anda membuat perubahan. Ketakutan akan perubahan, akan apa yang tidak diketahui, akan kegagalan, adalah alasan nomer satu mengapa kebanyakan orang tidak melakukan panggilan Tuhan. Rasa takut memang wajar ketika Anda akan membuat perubahan dalam hidup Anda, tapi itu bukan alasan untuk tidak berbuat apa-apa. Tuhan tidak pernah memanggil kita untuk meringkuk dalam zona nyaman kita. 

Ibrani 12 telah mengingatkan kita tentang perjuangan iman. Itu menyatakan orang-orang yang telah berhasil menyelesaikan perjalanan mereka di bumi, menyelesaikan pekerjaan yang Tuhan mau mereka lakukan. Masing-masing dari mereka menemukan dan menghidupi panggilan mereka. Tuhan telah menciptakan Anda untuk menjadi bagian dari rencana besarNya di bumi juga. Anda mempunyai peranan yang tidak seorangpun bisa lakukan. Anda bisa menemukan pekerjaan yang merupakan panggilan Anda, bukan hanya pekerjaan semata-mata.

Sumber : cbn
Halaman :
1

Ikuti Kami