Lenyapkan Strees, Perut Kenyang, Hati Senang

Psikologi / 25 September 2008

Kalangan Sendiri

Lenyapkan Strees, Perut Kenyang, Hati Senang

Puji Astuti Official Writer
5132

Ini mungkin resep hilangkan stress yang akan disukai banyak orang, termasuk saya sendiri. Lawan stres dengan makan! Tapi jangan ‘parno' dulu, pastinya makanan yang kita konsumsi tidak akan membuat perut buncit.

Stress yang dihadapi sehari-hari tidak dapat terhindari. Dari jalanan macet, meeting, bahkan urusan rumah tangga. Disini disajikan sebuah saran dalam penanggulangan stress dengan asupan yang kita konsumsi. Contohnya adalah seperti berikut:

 

07:45: Kemacetan lalu-lintas membuat Anda membuang waktu 30 menit lebih lama dijalanan.

Penangkal stress: Segelas susu skim -susu tanpa lemak (tersedia di super market) dan sepotong roti tawar lapis keju. Karbohidrat dari roti keju bisa memberikan energi. Sedangkan protein yang ada pada susu skim, membuat Anda tetap waspada. Satu lagi nilai plusnya, kedua makanan ini bisa ditenteng kemana-mana baik di mobil pribadi, kendaraan umum, maupun jenis angkutan lainnya.

10.00: Perlengkapan untuk meeting ternyata ada yang tertinggal, namun Anda harus tetap melakukan dihadapan klien.

Penangkal stress: Kopi susu yang manis, mungkin pilihan yang tepat. Stress bisa menurunkan kadar serotonin. Tapi susu yang mengandung whey protein bisa membantu meningkatkan trytophan, salah satu elemen yang membangun benteng bagi serotonin -zat kimia yang membantu Anda tetap tenang- hingga 43%.

13.00: Ditengah kesibukan Anda diajak bos makan ke luar. Anda tidak bisa menolaknya. Padahal Anda sedang mengerjakan proposal untuk proyek penting yang tak bisa ditinggal.

Penangkal stress: Pilih menu ayam bakar atau salad seafood. Sayuran hijau kaya akan vitamin B -elemen yang membantu pembuatan hormon penenang seperti serotonin, dopamine, dan norapinephrine. Journal of Neuroscience Nursing melaporkan, kekurangan vitamin B6 bisa menyebaban kondisi nervous, lekas marah, bahkan depresi.

19.25: Istri Anda marah karena untuk kedua kalinya dalam seminggu Anda terlambat pulang dari kantor. Malam ini, tampaknya Anda hanya akan berpelukan dengan guling.

Penangkal stress: Minta pembantu membelikan ikan laut bakar. Memakan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 bisa menurunkan perasaan 'bermusuhan' dengan istri Anda hingga 20 persen, menurut hasil penelitian Kaiser Permanente, sebuah lembaga perawatan kesehatan di AS.

23.30: Kesebelasan favorit Anda berhasil mengalahkan rivalnya dalam pertandingan Liga Champions Eropa musim ini. Luapan kegembiraan membuat Anda susah memejamkan mata. Penangkal stress: Pergi ke dapur, makanlah sereal dan carilah pisang. Ketegangan yang melanda Anda saat menonton pertandingan sepak bola di TV bisa mempengaruhi produksi melatonin -hormon pengantar tidur. Tingkatkan produksi hormon itu di tubuh Anda dengan mengonsumsi semangkuk sereal dan pisang -dua diantara sedikit makanan yang mengandung melatonin.

Jangan biarkan situasi dan kondisi mengendalikan emosi Anda, pastikan bahwa Anda ijinkan Tuhan yang menguasai hati dan pikiran Anda. Segala sesuatu dalam kendali Tuhan, jadi jika sesuatu terjadi tidak seperti yang diharapkan, serahkan perkara tersebut kepada Tuhan dan putuskan untuk terus bersukacita. Jadi, selain makan yang terpenting adalah mengijinkan Tuhan yang memegang kendali.

Sumber : Caninews.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami