RI Berkomitmen Kuat Bantu Afrika

Nasional / 24 September 2008

Kalangan Sendiri

RI Berkomitmen Kuat Bantu Afrika

Tammy Official Writer
4484
Tanpa dukungan penuh komunitas internasional, Afrika tidak akan dapat mencapai sasaran-sasaran pembangunan yang sudah ditetapkan. Keberhasilan pembangunan Afrika sangat menentukan, sebab hal itu akan berkontribusi besar dalam mewujudkan dunia yang makmur dan adil dan stabil.
 
Demikian ditegaskan Menteri Luar Negeri RI Hassan Wirajuda dalam pemaparan High Level Meeting on African Development Needs, di Markas PBB, New York, Senin (22/9).
 
Mengacu tantangan ketahanan pangan yang tengah dihadapi Afrika, Menlu yakin bahwa pengalaman Indonesia di dalam pembangunan sektor pertanian punya relevansi sangat besar.
 
Menteri Luar Negeri RI: Hassan WirajudaBanyak petani Afrika telah mengikuti berbagai program pertukangan dan pelatihan pertanian yang diselenggarakan di Indonesia. Terkait bantuan yang diberikan terhadap perjuangan pertumbuhan ekonomi Afrika, Indonesia juga berharap dapat membantu Afrika mencapai berbagai tujuan kesejahteraan sosial, sebagaimana tertuang dalam Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals/MDGs).
 
Dukungan komunitas internasional untuk Afrika di dalam mengatasi tantangan-tantangan global untuk pembangunan perlu diintensifkan. Dukungan itu sendiri sudah direkomendasikan dalam laporan Sekjen PBB tentang "African Development Needs: State of Implementation of Various Commitments, Challenges and the Way Forward".
 
Rekomendasi Sekjen PBB dinilai tepat karena kenaikan tajam harga pangan dan energi telah menimbulkan dampak besar terhadap ekonomi global.
 
Berbagai program pembangunan dari banyak negara, khususnya untuk penghapusan kemiskinan, telah dilumpuhkan oleh kenaikan tajam harga pangan dan energi.
 
Afrika, pada khususnya, merupakan negara yang sangat terkena dampak kenaikan harga pangan dan energi. Akibatnya, banyak negara Afrika yang tampaknya tidak dapat mencapai target yang ditetapkan dalam MDGs.
 
Hassan masih yakin Afrika dapat menjadi benua yang progresif dan sangat berkemakmuran. Namun, kemakmuran Afrika hanya dapat diwujudkan sepanjang kawasan tersebut memperoleh bantuan yang dibutuhkan dan sudah selayaknya diperoleh, konflik diselesaikan, perdamaian dan keamanan diwujudkan.

Sumber : suarapembaruan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami