Etiket mengundurkan Diri dari Pekerjaan

Career / 23 September 2008

Kalangan Sendiri

Etiket mengundurkan Diri dari Pekerjaan

Fifi Official Writer
4410

Setelah melalui pertimbangan matang, Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja selama ini. Namun, resign bukan berarti Anda bebas dan bisa bersikap seenaknya. Sebab masih banyak yang harus Anda selesaikan. Ibaratnya, jika dulu Anda masuk kerja dengan baik-baik, maka saat akan keluar pun juga harus dengan cara baik-baik.

 

Apapun alasannya, pastikan Anda tetap meninggalkan kesan baik pada atasan juga rekan kerja. Bagaimana caranya?

•· Sebelum Anda memberitahukan rekan kerja Anda, usahakan agar supervisor Anda tahu terlebih dahulu berita pengunduran diri Anda. Informasikan pemberitahuan pengunduran diri Anda 2 minggu atau 1 bulan sebelumnya (tergantung kebijakan kantor Anda).

•· Tetap low profile. Jika Anda mendapatkan penawaran yang lebih baik, tidak perlu Anda menceritakannya ke semua orang.

•· Meskipun misalnya alasan Anda keluar adalah karena orang-orang di kantor, tetap perlihatkan bahwa Anda memang menyesal karena harus meninggalkan mereka.

•· Tetap mengerjakan tanggung jawab Anda. Ingat, Anda tetap harus menyelesaikan tanggungjawab Anda sampai pukul 17:00 meskipun itu hari terakhir Anda bekerja.

•· Lihat apa yang sudah Anda capai di catatan karyawan. Apakah itu uang lembur yang belum dibayarkan atau cuti yang belum sempat terpakai. Jika Anda memerlukannya, Anda berhak untuk memintanya.

•· Mengatur file-file,sebab serah terima kerjaan pasti terjadi, entah kepada rekan Anda atau orang yang menggantikan Anda. Usahakan untuk menyimpan semua file atau materi pekerjaan Anda dengan rapi. Sehingga mereka bisa meneruskan pekerjaan Anda tanpa harus menghubungi Anda di kantor yang baru.

•· Jika sudah ada orang yang menggantikan Anda, sebaiknya training dia dulu dengan baik.

•· Jangan pernah mengambil sesuatu yang bukan milik Anda. Termasuk di dalamnya adalah: alat tulis kantor, atau data-data penting lainnya.

•· Menjalin hubungan baik dengan kantor lama sangat disarankan. Siapa tahu Anda akan membutuhkan bantuan dari teman-teman di kantor lama. Mungkin juga pekerjaan di kantor baru ternyata tidak seperti yang Anda harapkan sehingga Anda ingin kembali bekerja ke kantor lama.

•· Jika rekan kerja meminta Anda untuk mengadakan pesta perpisahan, mengapa tidak? Artinya mereka menyukai Anda dan menyayangkan kepergian Anda.

Beberapa perusahaan menerapkan adanya wawancara dengan bagian HRD sebelum Anda pergi. Biasanya mereka akan menanyakan alasan mengapa Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dan apa yang Anda rasakan selama bekerja di kantor. Anda bisa menanggapinya dengan baik dan sopan, dan jika memungkinkan, Anda juga bisa memberikan saran dan kritik yang membangun.

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami