Sang Pahlawan Keluarga, Ronny Pattinasarany Berpulang

Nasional / 22 September 2008

Kalangan Sendiri

Sang Pahlawan Keluarga, Ronny Pattinasarany Berpulang

Tammy Official Writer
7056
Perjalanan hidup Ronny Pattinasarany selama 52 tahun memberi kesan tersendiri bagi keluarga terutama kedua putranya.
 
Putra kedua Ronny, Herry Jacques Pattinasarany (28) menyebut Ronny sebagai pahlawan keluarga. "Buat saya papa pahlawan keluarga. Selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga. Kami sedang membesarkan hati, karena pahlawan keluarga sudah berpulang," kata pria yang akrab disapa Yerry ini.
 
Dukungan almarhum Ronny sangat dirasakan Yerry tatkala dia berusaha sembuh dari ketergantungan narkoba jenis putaw. Bahkan, kala itu Ronny rela meninggalkan kariernya sebagai pelatih dengan bayaran termahal di Petrokimia Gresik untuk mendampingi Yerry.
 
"Papa contoh bagi kami. Beliau rela melepas kariernya untuk mendampingi saya. Kerja kerasnya untuk mendukung saya luar biasa sekali," kata Yerry. Tahun 1996 lalu, Yerry terjerumus dalam pergaulan yang membuatnya menjadi pemakai narkoba. Saat itu, Yerry masih duduk di bangku SMP dan usianya baru 15 tahun.
 
Pemakaman Ronny PattinasaranySetelah melepas kariernya, almarhum Ronny kala itu selalu memberi siraman rohani dan bimbingan cinta kasih Tuhan kepada Yerry. Akhirnya usaha Ronny membuahkan hasil. Tahun 2000, Yerry terlepas dari narkoba.
 
Namun, cobaan masih menghantui keluarga Ronny saat putra pertamanya Robenno Patrick Pattinasarany juga jatuh ke jurang yang sama. Dengan bimbingan yang sama dan usaha mendekatkan diri dengan Tuhan, Ronny berhasil membebaskan diri kedua anaknya dari cengkeraman narkoba.
 
Tahun 2007 lalu, Ronny menelurkan buku Dan Kedua Anakku Bebas Dari Narkoba yang berkisah tentang perjuangan kedua anaknya lepas dari narkoba. Sebelum meninggal, Ronny tengah menulis buku mengenai profil dan pergumulannya melawan kanker hati yang dideritanya. Sayang, buku tersebut belum selesai karena sudah terlebih dahulu dipanggil Tuhan. Kata Yerry, "Mungkin nanti kita yang akan melanjutkan menulis bukunya."
 
Perjalanan hidup Ronny Pattinasarany memang layak dijadikan panutan. Perjuangannya memerangi narkoba yang tidak hanya di lingkungan keluarga tetapi masyarakat, serta prestasi beliau menjadikan persepakbolaan Indonesia maju di masanya bersama rekan-rekan seangkatan membuktikan Ronny Pattinasarany tidak hanya pahlawan bagi keluarga, tetapi juga masyarakat Indonesia. Selamat jalan, Bapak Ronny Pattinasarany...

Sumber : kompas.com/berbagai sumber/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami