Temukan Ladang Permata di Pekarangan Anda

Investment / 22 September 2008

Kalangan Sendiri

Temukan Ladang Permata di Pekarangan Anda

Puji Astuti Official Writer
3022

Ketika seseorang memikirkan tentang ‘Investasi', seringkali mereka hanya terfokus bagaimana untuk menghasilkan uang lebih banyak. Namun ada hal yang tak disadari oleh banyak orang, bahwa menjadikan uang menjadi hal utama yang memotivasi mereka untuk memulai sebuah usaha atau berinvestasi adalah sesuatu yang berbahaya.

Uang adalah sebuah motivasi yang semu untuk memulai sebuah investasi. Seperti di ketahui bahwa dalam investasi dalam bentuk apapun selalu ada resiko kegagalan. Untuk mencapai sebuah keberhasilan, seorang pengusaha pasti menghadapi banyak kegagalan. Salah satu resiko kegagalan yang ada adalah kehilangan semua uang Anda. Jadi ‘uang' bukanlah suatu hal yang bisa dijadikan pegangan hidup ataupun motivasi bagi sebuah usaha.

Suatu bisnis yang hanya berorientasi pada uang dan menghasilkan laba saja adalah sebuah bisnis yang miskin. Jadi pastikan saat Anda memulai sebuah investasi, Anda memiliki sebuah tujuan yang lebih besar dari pada sekedar melipatgandakan uang Anda.

Yang menjadi bisnis Anda haruslah sesuatu yang benar-benar Anda cintai. Sama seperti Anda tak bisa pura-pura jatuh cinta pada seseorang, demikian juga Anda tak bisa pura-pura mencintai apa yang Anda kerjakan. Seperti tertulis dalam Alkitab, "Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada." (Lukas 12:34).

Sekarang mulailah memikirkan hal yang paling Anda sukai dan menjadi kegemaran Anda. Pertama buatlah daftar semua kemungkinan yang terpikirkan oleh Anda, bahkan yang sepertinya gila. Kemudian cobalah persempit menjadi kemungkinan-kemungkinan yang lebih praktis. Sebagai contoh adalah hal berikut ini :

Keahlian, Minat, atau Hobi        Bisnis yang bisa Anda mulai

Musik                                         Penyewaan alat musik

                                               Sekolah musik/ menjadi guru musik

                                                Toko alat musik

                                                Event organizer

                                                Konsultan musik untuk mengarangsemen musik, dll

Komputer                                    Jual beli hardware dan software

                                                Service Komputer

                                                Web Design

                                                Konsultan sesuai dengan specialisasi Anda

                                                Administrator jaringan

Binatang                                     Salon Perawatan hewan peliharaan

                                                Toko makanan hewan

                                                Web site agen jual beli hewan

                                                Tempat penitipan hewan

Masih banyak lagi usaha yang bisa Anda temukan berdasarkan apa yang menjadi kesukaan Anda. Namun selain Anda menyukainya ada sebuah nasihat bijaksana pernah disampaikan Fred Smith (Pendiri FedEx), dalam menemukan bisnis dan investasi yang tepat:

"Jika Anda ingin menciptakan sebuah bisnis, hadirilah sebuah pesta dan pasang telinga Anda. Anda akan mendengar orang mengeluh. Setiap keluhan sama dengan sebuah kebutuhan, sebuah masalah, sebuah kekosongan. Penuhilah kebutuhan itu, pecahkanlah masalahnya dan isilah kekosongannya. Dan itulah bisnis Anda."

Sebuah bisnis dan investasi yang tepat adalah menjadi bagian dari sebuah solusi atau penyelesaian masalah yang dibutuhkan oleh banyak orang. Hal ini adalah kunci dari keberhasilan para pengusaha sukses, mereka bisa melihat peluang dalam setiap masalah dan menjadi solusi atas permasalah tersebut.

Jadi mulai hari ini, pastikan Anda buka mata dan buka telinga. Terkadang, ladang permata itu berada di pekarangan Anda sendiri. Jika peluang itu ada disekeliling Anda, mengapa mencarinya ditempat yang jauh. Selamat mencoba dan sukses.

Sumber : Berbagai Sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami