Makan dan Minum Itu Hal Rohani

Internasional / 5 September 2008

Kalangan Sendiri

Makan dan Minum Itu Hal Rohani

Puji Astuti Official Writer
5311

Bagaimana dan apa yang Anda makan, dapat menunjukkan siapa diri Anda. Makanan, sebuah kebutuhan alami setiap mahluk hidup. Tanpa makan, tidak ada satupun mahluk yang bisa bertahan hidup. Dan luar biasanya setiap agama memiliki aturan yang mengatur tentang makanan dan cara makan yang baik bagi umatnya. Salah satunya adalah predikat ‘halal' bagi mereka yang Muslim, dan vegetarian bagi mereka yang budha. Hal ini menunjukkan, bahwa makan adalah bagian dari kehidupan yang penting dan sangat ‘rohani'.

Marilyn Hickey, penginjil dan pembicara yang bertaraf international ini mengatakan dalam bukunya, "Sehat total menurut cara Alkitab," (Metanoia Publishing), "Satu-satunya kunci untuk kebugaran, vitalitas dan panjang umur terdapat dalam buku petunjuk kehidupan yang telah bertahan selama 400 tahun: Alkitab. Didalam firman-Nya, Allah menyampaikan seluruh informasi yang Anda perlukan untuk memiliki tubuh, jiwa dan roh yang sehat. Rencana yang ditetapkan-Nya untuk memungkinkan kita hidup sehat benar-benar praktis dan sangat  sederhana."

Hal ini juga disadari oleh sebuah gereja Methodist di North Carolina. Mereka mulai mengajak jemaatnya mengubah pola makan, dan juga memakan sayuran yang ditanam secara organik dan tidak menggunakan pupuk kimia. Hal ini mereka jadikan sebagai bagian dari ‘menjadi pelaku firman', contohnya dengan melakukan puasa  makan daging selama satu bulan dan menggantikannya dengan makan sayur dan buah.

"Kami makan makanan organic atau vegetarian pada puasa raya di komunitas kami," demikian penjelasan penatua Erin Stack. "Tetapi kami tetap menghormati jemaat kami yang memilih untuk tetap makan daging dan kacang-kacangan."

Dr.Don Colbert M.D, yang mendapatkan gelar medisnya dari Oral Roberts School of Medicine menyimpulkan dalam buku "Apa yang Anda tidak tahu mungkin sedang membunuh Anda!" seperti ini: Anda dapat merasakan kesedihan dalam suara Allah ketika Ia berkata, "Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah," Hosea 4:6. Dengan kata lain, Allah sedang berkata, "Apa yang umat-Ku tidak ketahui sedang membunuh mereka!" Allah tidak pernah menginginkan Anda menderita karena penyakit-penyakit dan kemerosotan fisik yang menyakitkan. Sama seperti yang dikatakan Marilyn Hickey, semua petunjuk mengalami kehidupan yang prima telah Tuhan tuliskan dalam Alkitab.

Kesehatan yang baik merupakan karunia dari Tuhan yang indah. Tetapi sayangnya, sedikit orang yang menyadari berkat dan karunia ini, hingga semuanya telah menjadi terlambat. 1 Korintus 10:31 berkata, "Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah."
Inilah kunci kesuksesan hidup yang dibagikan oleh Marilyn, "Sukses saya terjadi melalui makan secara bijaksana, berolahraga teratur,  dan bergantung kepada Tuhan, sehingga saya terus bertahan sewaktu saya patah semangat... Saya dapat mengucap syukur kepada Tuhan, bahwa Ia setia untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah dimulai-Nya bukan hanya didalam saya, namun juga ‘pada' diri saya."

Kerohanian tidak dibatasi hanya dengan seberapa erat hubungan Anda dengan Tuhan melalui saat-saat pribadi dengan-Nya. Namun juga ditunjukkan dengan bagaimana Anda menjaga tubuh yang Ia pinjamkan untuk Anda pakai selama didunia ini, untuk menggenapi rencana yang telah Tuhan tetapkan bagi hidup Anda. Untuk itu penting kita ingat bahwa ‘makan dan minum' adalah suatu hal yang rohani dan Alkitabiah yang perlu kita perhatikan. Selamat hidup sehat bagi kemulian Tuhan.

Sumber : Berbagai sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami