Nikmatnya Bumbu Khas Sate Sapi Pak Kempleng

Entertainment / 29 August 2008

Kalangan Sendiri

Nikmatnya Bumbu Khas Sate Sapi Pak Kempleng

Tammy Official Writer
8008
\"SateJika berkendara kira-kira 19 km ke arah selatan Kota Semarang, Anda akan menemukan sebuah Kota Kabupaten yang bernama Ungaran. Di kota yang berhawa lumayan sejuk itu, Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi Sate Sapi Pak Kempleng, karena letaknya tepat di tepi jalan utama jalur Semarang menuju Yogyakarta dan Solo atau tepatnya di Jalan Diponegoro. Di sepanjang jalan itu ada enam warung Sate Sapi Pak Kempleng. Anda dapat melihat papan namanya dengan mudah karena cukup besar dan mencolok. Kebetulan kami mampir ke Sate Sapi Pak Kempleng 2 yang cat warungnya didominasi warna hijau. Tempat parkirnya luas dan nyaman. Kalau ingin ke Pak Kempleng 1, tempatnya tidak jauh dari Pak Kempleng 2, masih satu jalur. Jaraknya hanya sekitar 300 meter.

Di sini, fokus sajian adalah sate sapi. Kalau pengen, Anda boleh memilih sendiri sate yang akan dibakar. Pilihannya, sate daging, hati, ginjal, babat, paru limpa, dan kapur (lemak sapi). Anda pun bisa memilih sate yng berbeda jenis dalam satu porsi. Nasi atau lontong tersedia juga sebagai pengganjal perut. Waktu yang dibutuhkan hanya untuk menyiapkan order makanan, kira-kira hanya 7 hingga 11 menit. Ketika sate sedang dibakar, aroma yang membelai hidung sudah memberi informasi yang cukup akurat tentang kemungkinan rasa satenya. Ketika piring sate telah tersaji di meja, Anda akan mendapati setiap tusuk sate berisi potongan-potongan yang ukurannya lebih besar dari sate biasa. Warna satenya coklat mengkilap karena minyak yang melumurinya. Terlihat benar-benar menggugah selera. Bersama sepiring sate, dihidangkan juga semangkuk bumbu kacang serta wadah kecil berisi irisan cabai dan bawang merah. Tidak seperti sate pada umumnya, bumbu kacang di tempat ini lebih encer.

\"SateNah, sekarang waktunya mencicipi. Ambil satu tusuk, rasakan tusuk pertama ini tanpa bumbu kacang. Daging, sapinya terasa benar-benar empuk. Keempukan dagingnya ini membuat banyak pelanggan manula yang setia pada Sate Pak Kempleng. Rasanya cenderung manis dan gurih. Khas selera lidah Jawa. Selanjutnya, cobalah melumurinya dengan bumbu kacang. Hmm... uenak tenan kata orang Semarang.

Rasa khas ini didapat karena sebelum ditusuk daging direndam dalam bumbu yang terdiri atas gula aren dan rempah-rempah. Kalau empuknya, karena memang daging dipilih bagian has dalam dan lulur. Soal daging, pengelola rumah makan ini tidak mau main-main. Suplai daging sapi terbaik didapat dari rumah potong hewan di daerah Salatiga. Lalu proses membakarnya pun tetap memakai kipas ayun untuk menjaga agar arang kayu tetap membara sempurna.

Awalnya, Sate Pak Kempleng dijajakan oleh Pak Sakimin (nama asli Pak Kempleng) dengan cara dipikul dari kampung ke kampung dan selalu berakhir alias mangkal di alun-alun Ungaran. Pola itu berlanjut hingga beliau meninggal. Salah satu putranya, Pak Sumorejo, memutuskan untuk meneruskan jejak almarhum ayahnya, juga dengan label Pak Kempleng. Ternyata langkah ini sangat menggembirakan para pelanggan almarhum Pak Sakimin, sehingga lambat laun semakin banyak pelanggan yang kembali. Setelah mengikuti pola yang sama, akhirnya pada tahun 1986 terkumpul modal untuk menyewa tempat di pinggir jalan Diponegoro, Ungaran dengan nama Pak Kempleng. Dari sinilah akhirnya semakin banyak orang yang mendengar kelezatan sate Pak Kempleng. Semakin banyak mobil dan bus bernomor luar Semarang mampir untuk menikmati rasa lezat khas sate Pak Kempleng.

 

\"Sate

 

Tempat makan Sate Pak Kempleng sekarang dikelola oleh Pak Hamzah cucu Pak Sakimin, sedangkan beberapa tempat makan yang sama juga memakai nama Sate Sapi Pak Kempleng adalah milik saudaranya. Di Jakarta, Sate Pak Kempleng bisa ditemui di Kelapa Gading (Gading Batavia) dan Bekasi.

SATE SAPI PAK KEMPLENG UNGARAN
Pak Kempleng 1
Jl. Diponegoro 265 Ungaran. Telp. (024) 6923314.
Pak Kempleng 2
Jl. Diponegoro 274 Ungaran. Telp. (024) 6922176.
Jam buka: 09.00-21.00
Kapasitas tempat duduk: 40 orang.
Kisaran harga: seporsi sate sapi plus sebuah lontong Rp. 24.500,-


Halaman :
1

Ikuti Kami