Panduan Pengasuhan Bagi Para Ibu

Parenting / 26 August 2008

Kalangan Sendiri

Panduan Pengasuhan Bagi Para Ibu

Purnama Sari Dewi Gultom Official Writer
3658

Proses pembelajaran terhadap berbagai fenomena hubungan antara orang tua dan anak telah melahirkan banyak konsep, metode, prinsip yang dianggap tepat untuk diterapkan oleh para orang tua terhadap anaknya.

Salah satunya adalah apa yang dituangkan oleh Huggies (merek diapers dari PT Kimberly-Clark) dalam suatu rumusan yang diberi nama "Motherhood Today". "Motherhood Today" memberikan pengetahuan yang berharga mengenai perubahan cara pandang pengasuhan anak oleh ibu-ibu Asia Tenggara.

Walaupun ada perbedaan negara dan budaya, namun ternyata tetap ada persamaan yang kuat antara ibu-ibu di berbagai negara tersebut mengenai bagaimana cara mereka membesarkan bayi-bayi mereka melalui berbagai pendekatan yang bertujuan untuk membekali anak-anak mereka dengan ketrampilan hidup dan pengetahuan yang akan mereka butuhkan dalam meraih cita-citanya.

"Masa kanak-kanak adalah masa untuk bermain. Masa kanak-kanak adalah masa untuk berkreasi menciptakan sesuatu. Anak-anak adalah penemu-penemu terbaik. Mereka menciptakan cara-cara baru dan inovatif dalam berteman, menyelesaikan masalah dan menangani situasi-situasi yang sulit. Mereka juga melihat segalanya dengan sudut pandang yang baru dan menyegarkan. Masa anak-anak adalah masa untuk perayaan! Orang tua perlu mempertimbangkan anak dengan memberinya kesempatan untuk merayakan perkembangannya. Bahkan di saat ia berkembang secara fisik, intelektual, emosional, sosial dan bahasa, orang tua tetap perlu memberinya waktu untuk menjadi anak-anak karena masa kanak-kanak tidak akan bisa terulang". (Patricia Koh, Early Childhood Expert, Pat's Shoolhouse)

Inti dari Motherhood Today adalah orang tua menginginkan anaknya untuk dapat bersosialisasi dan menyesuaikan diri dalam lingkungan masyarakat. Orang tua berusaha mengembangkan karakter anak secara menyeluruh agar mereka sukses di masa depan. Kebahagiaan masa kecil menentukan apa yang selanjutnya akan dilakukan oleh anak. Semua orang tua rela melakukan apa saja untuk mendapatkan yang terbaik bagi si buah hati, bahkan dengan segenap hati.

Lima Prinsip Yang Dapat Menjadi Panduan Bagi Ibu

Sediakan ruang untuk bereksplorasi. Ibu-ibu saat ini memberikan kebebasan yang begitu besar kepada anak-anak mereka dengan berbagai cara. Anak-anak bebas untuk bereksplorasi secara fisik baik di dalam rumah maupun di dunia luar. Tantangan fisik dan mental serta penemuan baik sendiri maupun dengan orang tua atau pengasuh dilihat sebagai suatu hal yang vital dalam perkembangan secara keseluruhan.

Tegaskan bahwa mereka selalu diikutsertakan dalam segala hal yang Anda lakukan. Ketika Anda memasak, bahkan ketika mereka membuat meja berantakan, Anda hanya akan mengarahkannya untuk merapikannya kembali sehingga ketika mereka tumbuh dewasa, mereka akan belajar mengenai tanggung jawab. Alam akan mengajari mereka banyak hal-hal yang baik. Membuka dunia baru kepada mereka.

Berikan kebebasan untuk memilih. Bermain sangat penting karena masa kanak-kanak harus jauh dari tekanan. Mereka harus mendapatkan saat-saat bahagia. Bermain menstimulasi otak mereka. Biarkan mereka bermain dan mereka akan dapat belajar tentang sesuatu.

Bermain adalah inti dari masa kanak-kanak. Sehingga hal ini dipandang sebagai cara yang paling baik untuk pengembangan total dari segalanya mulai dari keterampilan motorik sampai bersosialisasi, logika kreativitas dan imajinasi. Bermain adalah cara seorang anak untuk menjelajahi dunia.

Hadiahkan dengan ruang untuk berpikir. Anak-anak bebas bereksplorasi secara mental dengan memberi tantangan kepada orang tua, menjadi mandiri dan mengekspresikan emosi, ide-ide dan pikiran; mengembangkan imajinasi dan penghargaan diri.

Katakan bahwa Anda ingin mereka pergi jauh dari Anda agar mereka belajar bagaimana mengurus diri sendiri - jika mereka terus berada di dekat Anda, mereka tidak akan dapat mandiri. Penting bagi mereka untuk menjadi kreatif, tidak menahan diri dan berani bermimpi. Dengan mengerti bayi Anda, Anda dapat membantu mereka untuk mengembangkan bakatnya.

Berikan padanya kesempatan untuk mencoba. Anak-anak ditawarkan kesempatan oleh dunia untuk mencoba, mengunjungi tempat-tempat baru, bertemu orang-orang baru, mencoba berbagai aktivitas terbaru dan belajar dari kesalahan mereka sendiri. Pengalaman akan membuat mereka lebih lengkap, lebih dapat menyesuaikan diri dan fleksibel.

Jika mereka dapat bereksplorasi sendiri, tentunya mereka akan mengingatnya dengan baik, khususnya terhadap kesalahan yang dibuat sendiri. Hal ini akan mengajarkan mereka sebuah pelajaran hidup yang sangat berarti. Mereka dapat melakukan apa saja yang mereka mau. Tanpa ada batasan.

Anugrahkan padanya waktu untuk bermain. Dalam dukungan keluarga yang aman dan penuh kasih sayang, anak-anak didorong untuk membuat pilihan mereka sendiri untuk mengetahui jati diri mereka dan diijinkan untuk mengembangkan bakat uniknya.

Merupakan suatu kenyataan bahwa anak Anda unik. Bahwa kita sebaiknya tidak membebankan harapan kita yang terlalu tinggi kepada anak. Jangan mendikte anak Anda, karena harapan dan mimpi tidak dapat dicapai dengan paksaan. Seorang bayi dapat menjadi apa saja. Tidak ada yang tidak mungkin. Ada banyak sekali pilihan untuk bayi Anda. Anak Anda dapat menjadi perdana menteri suatu hari nanti. Anda tidak akan pernah tahu.

Mazmur 127:3-5, Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah. Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda. Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu. Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang.

Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami