Gempa Jakarta Hari Ini Berpotensi Tsunami

Nasional / 26 August 2008

Kalangan Sendiri

Gempa Jakarta Hari Ini Berpotensi Tsunami

Puji Astuti Official Writer
4636

Jakarta digoncang gempa pada hari ini, Selasa (26/8), tepatnya pada  pukul 10.07.32 WIB. Gempa dengan kekuatan 6,6 SR ini dikatakan berpotensi tsunami karena berpusat di perairan Selat Sunda.

"Ini warning stunami, karena skala cukup besar dan tidak terlalu dalam yaitu 10 Km. Apalagi terjadi di laut. Tapi kita tunggu perkembangan selanjutnya," kata petugas Badan Meteorologi dan Geofisika Iwan kepada detikcom (26/8).

Berdasarkan keterangan Iwan, gempa berada di 6,55 LS dan 104,28 BT. Selain Jakarta, yang merasakan gempa ini adalah Lampung.

Jakarta harus waspada gempa, berdasarkan kajian oleh ALMEC Corporation, Integrated Urban Disaster Management Project in Jakarta Metropolitan Area, pada tahun 2007 menyatakan ada tiga sumber gempa yang mengancam Jakarta.

Pertama, sumber gempanya di lepas pantai selatan Pulau Jawa akibat subduksi pelat Australia yang menyelinap ke bawah pelat Eurasia. Gempa ini, walaupun letaknya jauh (sekitar 250 km di sebelah selatan Jakarta), bisa mencapai 8,1 SR dengan pusat gempa berada pada kedalaman 30 km. Gempa seperti itu pernah terjadi pada 1903.

 

Kedua, pusat gempa di Sukabumi akibat aktivitas sesar aktif. Walaupun besarannya diperkirakan hanya sekitar 6,3 SR dengan kedalaman 20-40 km, letak sumber gempa hanya sekitar 80 km di Selatan Jakarta. Gempa seperti itu pernah terjadi pada 1900.

 

Ketiga, sumber gempa terletak di bawah tanah Jakarta, akibat aktivitas sesar yang selama ini tidak aktif. Besaran gempa dapat mencapai 6,3 sampai 6,5 SR dengan kedalaman 20-40 km. Walaupun belum diketahui kapan gempa seperti itu pernah terjadi, kita harus ingat bahwa gempa di Yogyakarta pada Sabtu, 27 Mei 2006 juga bersumber pada sesar tidak aktif yang 'terlupakan'.


Jakarta memang berada dalam risiko menengah terhadap gempa. Namun, bukan berarti terbebas sama sekali dari kemungkinan dilanda gempa merusak. Apa pun skenarionya, yang terpenting adalah meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi gempa tersebut.

Sumber : Berbagai sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami